Wednesday, August 17, 2022

Perjalanan Panjang Juara

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Siam banjar milik Tatang Rubono, Tapin, Kalimantan Selatan, juara II kategori jeruk manis.
Siam banjar milik Tatang Rubono, Tapin, Kalimantan Selatan, juara II kategori jeruk manis.

Tatang Rubono dari Tapin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, mengirimkan 15 buah atau 2 kg jeruk manis untuk mengikuti Lomba Buah Unggul Nasional 2016. Ia memanen jeruk di lahan sawah yang dibuat gundukan. Ia terlebih dahulu menyeberangi danau dan menempuh perjalanan darat sejauh 50 km menuju Banjarbaru. Dari bandara Syamsudin Noor ia terbang ke Jakarta dan melanjutkan perjalanan ke kantor panitia LBUN.

Panitia di kantor Redaksi Majalah Trubus segera mendata identitas peserta, ukuran buah, bobot, dan mengukur tingkat kemanisan dengan refraktometer begitu menerima buah. Panitia juga memotret setiap peserta dalam kondisi utuh dan terbelah. Buah kemudian didistribusikan ke-15 juri dari berbagai profesi, antara lain akademisi, pemasar buah, dan birokrat. Dengan 140 peserta lebih, tentunya bukan hal mudah menditribusikan semuanya ke rumah juri.

565_-51Juri menilai buah berdasarkan kondisi saat diterima. Jadi ada yang menerima buah dalam kondisi prima, tetapi ada juri yang terpaksa menerima buah dengan kondisi rusak. Kerap kali pemilik buah mengemas buah tanpa sirkulasi udara sehingga memicu kerusakan buah. Apalagi jika perjalanan relatif panjang. Para juri menilai dengan kriteria penampilan luar, ketebalan daging, rasa atau kadar kemanisan, aroma, dan kriteria khusus buah itu.

Apa pun kondisinya, itulah yang diajukan saat rekapitulasi data. Sayangnya, hingga penutupan penerimaan peserta, hanya 4 kategori yang memenuhi syarat penentuan juara, yaitu avokad, jambu air, jeruk manis, dan mangga. Setelah itu para juri menentukan calon juara dan memverifikasi pohon. Empat juri pun mengunjungi lokasi pohon calon-calon pemenang. Setelah terbukti pohon sesuai dengan buah yang dikirim, dilakukan rapat penentuan pemenang. (Syah Angkasa)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img