Wednesday, August 17, 2022

4 Usaha Kreatif untuk Bisnis

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

‘Kami membidik pasar fesyen elit eropa,’ kata arroyo seraya menunjuk baju dan mantel berbahan serat daun nanas yang dikenakannya pada pertemuan tingkat menteri negara-negara asean. fesyen berbahan serat daun nanas itu bisnis yang digeluti patis tesoro.

Tesoro melihat kebun-kebun nanas di sentra di Provinsi Aklan, Pulau Visayas, Filipina Tengah, telantar karena harga buah terus menurun. Padahal secara tradisional serat daun nanas dimanfaatkan untuk membuat pakaian khas Filipina – barong. Ratu Fesyen Filipina itu pun tergerak untuk menghidupkan kembali industri pakaian berbasis serat nanas. Ia memulai dengan mengajak penduduk Aklan menanam nanas berdaun panjang.

Kini di Aklan, penduduknya mengebunkan nanas, mengolah daunnya jadi serat kasar, menenun serat jadi kain, lalu menjual kainnya ke rumah-rumah produksi barang fesyen. Sebutan Pina cloth di sana – itu yang dipromosikan Gloria Macapagal-Arroyo sebagai green dresses untuk pasar Eropa.

Tidak biasa

‘Nasib baik’ serat daun nanas mungkin sama seperti air kelapa di tanahair. Bertahun-tahun air kelapa jadi limbah di pasar tradisional, hingga rumah-rumah makan. Kini nata de coco yang diolah dari air kelapa jadi salah satu bisnis menguntungkan. Pemainnya industri rumahtangga, bahkan perusahaan besar berkapasitas 20.000 ton per bulan untuk ekspor ke Inggris dan Belanda.

Kunci utama keduanya naik derajat adalah karena ada orang kreatif yang merintis usaha tak biasa itu di belakangnya. Kini ada 4 usaha kreatif lain yang berpeluang menjadi besar: dendeng jantung pisang, jus kulit manggis, tikus putih untuk kebutuhan hobiis dan laboratorium, serta kumiskucing untuk ekspor. (Evy Syariefa)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img