Tuesday, August 9, 2022

Adenium dan Bioenergi

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Di kebun milik dua pemain adenium kawakan itu ada ratusan jenis bunga tumpuk baru. Bunganya ada yang berwarna merah pekat, ada pula yang putih dengan splash merah, dan merah muda. Di tempat Koong malah ada bunga adenium tumpuk tiga. Ini indikasi yang menguatkan ramalan Handry bahwa kelak bentuk bunga adenium akan mirip mawar.

Munculnya dok sorn baru yang lebih spektakuler dan diyakini stabil-sudah 3 kali berbunga dan selalu keluar bunga tumpuk-tentu saja sangat menarik. Kabar itu pertama kali terdengar awal Agustus. Seminggu setelah mendengar kabar itu Rosy Nur Apriyanti berangkat ke Thailand untuk melihat sosoknya secara langsung. Hasil pelacakannya menunjukkan, silangan baru itu menggegerkan komunitas tanaman hias di sana. ‘Dok sorn tadinya sudah hilang dari pasar. Tidak ada lagi yang memperbanyaknya karena tidak stabil. Sekarang semua ramai-ramai menyilangkannya lagi,’ cerita Luedech Narak, dokter yang kolektor dan penyilang adenium, pada wartawan Anda.

Pembaca sekalian, sebagai pendamping dok sorn, di edisi ini kami menampilkan kreativitas sejumlah orang untuk memanfaatkan barang-barang tak berguna. Di Ciamis, Ujang Solichin mengolah sampah organik menjadi briket. Omzetnya luar biasa, rata-rata Rp30-juta per bulan. Sementara di Balikpapan, ada Johan Susilo yang mengumpulkan minyak jelantah. Minyak bekas menggoreng itu dicampur KOH, diaduk, didiamkan, diencerkan dengan air, kemudian dipanaskan. Hasilnya biodiesel yang kualitasnya tidak kalah dengan solar.

Acara reguler lain yang kami susun untuk Anda, pembaca, adalah pelatihan Kiat Sambung dan Semarakkan Bunga Adenium Tumpuk (Dok Sorn) pada 13 Agustus 2008; Produksi Bioetanol, 20-21 Agustus 2008; Kupas Tuntas Bisnis Olahan Kelapa, 20 Agustus 2008; Produksi Briket Sampah Skala Rumahan, 13 September 2008. Sedangkan Agro Tour yang dirancang ialah perjalan ke China pada 6-12 September 2008; Vietnam, 19-23 Oktober 2008; Suan Luang, Thailand, 30 November-4 Desember 2008; Chiang Mai-Bangkok, Thailand, 4-9 Desember 2008. Hubungi Suci/Dewi untuk informasi lebih lanjut. Telepon 021-8729060, 87701748, HP 0813 160 34009. Faks 021-8729059, email: pelatihan@trubus-online.com.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img