Thursday, August 18, 2022

Adenium Pendatang Baru dari Kota Gudeg

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Sosok great wall sangat unik, kokoh laiknya tembok besar cina. Bunga berwarna putih bersih. Seolah dibatasi garis tegas, di bagian pinggir terdapat warna merah terang dan tebal. Kelopaknya membulat dan tumbuh saling overlap, bak kincir angin yang sedang berputar. Kelebihan lain warna merah dan putih akan terus bertahan hingga bunga layu, tidak luntur. Trubus menjumpai kerimbunan great wall di kebun milik Aris Budiman di Kaliurang, Yogyakarta. Karena keindahannya tak heran jika adenium anyar ini menjadi best seller di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Bukan hanya great wall yang terbaru, masih ada deretan adenium anyar lainnya. Tidak melulu hasil silangan Taiwan, ada juga trio karya Adeng, panggilan akrab Aris Budiman. Ketiga adenium anyar itu hasil persilangan kiss me quick dan pink line. Kiss me quick selama ini terkenal karena motifnya unik dengan detil garis yang jelas. Di kalangan hobiis, kiss me quick terkenal memiliki marking terbaik.

Pasangannya pink line, adenium crispum dengan garis-garis tajam. Perpaduan keduanya ternyata menghasilkan 2 jenis mutasi dengan nama unik, tarantula, dan challanger. Uniknya walupun berasal dari indukan crispum, yang notebene berbunga kecil, salah satu anakannya berbunga besar. Itulah Tarantula. “Ini jenis crispum yang paling besar,” ujar Adeng. Diameter bunga mencapai 8—9 cm. Karena itulah ia dinamakan tarantula, salah satu anggota laba-laba bertubuh besar. Challanger lain lagi. Warna hitam tajam muncul di pangkal helaian bunga berwarna merah tua.

Unik

Great wall dan trio crispum hanya sedikit dari koleksi adenium baru milik Adeng. Masih ada 10 adenium baru lain. Bentuk, warna, dan motifnya beraneka ragam. Sebut saja brave heart dan eternal fl ame, turunan adenium prominent. Variasi warna muncul dari pangkal kelopak. Eternal berwarna putih seperti lidah api, dan hitam pada brave heart.

Jika menginginkan adenium beraroma wangi pilihan bisa dijatuhkan pada cologne. Keturunan harry potter dan fragrant itu satu satunya adenium merah dengan aroma harum. Bosan dengan kuntum besar kiwi bisa jadi pilihan. Dompolan bunga berukuran kecil tapi semarak. Apalagi dengan helaian bunga berwarna putih semburat kekuningan. Berikut ini tampilan adenium anyar dari Kota Gudeg, Yogyakarta. (Laksita Wijayanti)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img