Saturday, June 22, 2024

Agar si Meong Tampil Gaya

Rekomendasi
- Advertisement -

Olly tergolong kucing yang tak risih mengenakan baju. Di rumahnya, lebih dari 20 pakaian menjadi koleksi. Ragamnya pun banyak, dari model kaos, blus, gaun, daster, pakaian pengantin, hingga celemek. Olly tak pernah menolak saat saya pasangkan baju di tubuhnya, ungkap Ayu.

Anda pun para pemilik kucing bisa mencobanya agar klangenan tampil gaya saat diajak jalan-jalan. Toh beragam model pakaian kini banyak ditawarkan di pet shop-pet shop. Rak-rak yang dipenuhi display gantungan baju-baju mini menjadi pemandangan lumrah bila berkunjung ke anjungan kebutuhan kucing. Pakaian untuk kucing layaknya bagian dari memelihara kucing, ujar Cacang Effendi pemilik Candra Cattery di bilangan Bekasi, Jawa Barat.

Tak heran bila mode pakaian untuk meong terus berkembang. Dari yang sederhana sampai yang rumit pun tersedia, lanjut Cacang. Selain untuk tampil gaya, pakaian juga berfungsi sebagai penghangat bila hawa dingin menerpa. Bila musim hujan, kucing kerap kedinginan, tutur Yoke, pemilik Pet’s Dream di bilangan Jakarta Selatan. Jika dibiarkan meong kebanggaan bisa sakit.

Lindungi luka

Menurut drh Osye Syanita Alamsari, veterenarian technical Royal Canin Jakarta, pakaian juga bisa berfungsi untuk melindungi saat si meong tengah menderita luka. Itu agar kucing tak menjilati bagian tubuhnya yang terluka sehingga bisa terhindar dari kuman, tutur alumnus IPB itu. Hanya saja pakaian tak boleh dikenakan terus-menerus lantaran bisa mengganggu keluarnya keringat dari pori-pori kucing. Satu hingga dua jam sehari cukup, ungkapnya.

Umumnya pakaian-pakaian itu dirancang sesuai dengan jenis kucing, seperti kitten persian, persian, siamese, main coon, dan lain-lain. Ukuran dan bahannya pun disesuaikan, misalnya untuk jenis siamese yang berbulu pendek tersedia baju yang dirajut dari bahan-bahan tebal yang lembut. Itu agar kucing tidak stres saat memakainya, ungkap Muhammad Ali Suwed dari Ganswed Cattery, Bogor.

Kancing-kancing jepret yang praktis kerap menjadi andalan untuk dipasang di pakaian kucing. Itu semata untuk mempermudah pakai dan melepasnya. Pakaian jenis jubah misalnya, dilengkapi perekat yang bisa dibuka-tutup dengan mudah. Sehingga cara memasangkannya pada si pus pun tak sulit.

Tak melulu pakaian, pernak-pernik lain pun menyertai. Aksesori seperti topi, pita, sepatu, kaos kaki, hingga kaca mata, menjadi kebutuhan pelengkap untuk mendandani pussy. Umumnya pet shop menyediakan pakaian satu set lengkap dengan aksesori lain yang senada.

Boneka tikus

Selain pernak-pernik yang melekat di tubuh, mainan kucing pun beragam. Jenis boneka tikus yang bisa bergerak paling disuka kucing. Bola, tali, dan mainan yang terbuat dari bulu tak ketinggalan menjadi teman bermain si meong. Itu karena kucing seperti anak kecil, suka bermain, tutur drh Gunadi Setiadarma, technical eksekutif CV Catur Nawa Jakarta. Pantas jika sang majikan dituntut untuk menyediakan fasilitas dan tempat bermain yang memadai. Itu juga menjadi ajang pembelajaran bagi si kucing agar potensi merusaknya tak berkembang, ujarnya.

Tali-temali yang disusun untuk memanjat, baik untuk mendidik kucing agar tak sembarangan naik-turun di perabotan rumah. Dan agar kucing tak suka mencakar dan mencabik perabotan di rumah, mainan atau boneka plastik pantas menjadi hadiah baginya. Apalagi mainan-mainan itu terjangkau harganya, ungkap Yoke dari Pet’s Dream di Jakarta. Di beberapa gerai, harga mainan rata-rata di Rp50.000-Rp100.000. Lebih murah dibanding manfaatnya, lanjut Yoke.

Agar senantiasa tampil menawan, bukan cuma kemolekan luar yang harus diperhatikan. Perawatan bulu dan kesehatan tubuh mesti dinomorsatukan. Kini tersedia shampoo, bedak, lotion kuku, sisir, dan seperangkat alat spa yang siap mempercantik pussy. Ragam yang ditawarkan pun beraneka tergantung jenis kucingnya, misalnya shampoo untuk kucing berbulu putih tersedia khusus dan berbeda dengan untuk jenis colourpoint.

Menu seimbang

Makanan instan untuk kucing layaknya mi, ditawarkan dengan berbagai merek dan harga. Dari yang murah sampai yang mahal ada, ungkap Cacang. Label harga pun beraneka di kisaran Rp38.000-Rp300.000. Yang mesti diperhatikan, Makanan untuk kucing harus mengandung unsur gizi yang seimbang, kata drh Hari Soetjahjanto dari CV Catur Nawa di Jakarta Selatan. Terutama kadar taurin dan vitamin E. Sebab kedua zat itu sangat diperlukan kucing dalam metabolisme tubuhnya, tapi tubuh tak bisa memproduksi sendiri, ungkap alumnus Universitas Airlangga Surabaya itu.

Berbelanja obat dan vitamin sesekali perlu dilakukan. Itu semata agar saat si meong jatuh sakit, Anda tak perlu kelimpungan. Koleksikan ke dalam kotak PPPK yang diperuntukkan khusus pussy.

Bila suatu saat ingin mengajak si pus jalan-jalan, kandang unik dan praktis bisa digunakan. Sehingga meski dalam perjalanan, kucing kebanggaan tetap tampil menawan. Pet carrier yang dilengkapi dengan ventilasi kini tersedia dengan pilihan warna hijau toska, ungu, merah muda, cokelat, dan putih.

Umumnya tiap kandang dilengkapi tempat minum, jeruji depan, jeruji atas, jinjingan pengunci, dan alas kandang. Beberapa ada yang dilengkapi roda dan pegangan panjang yang bisa diatur. Selain untuk jalan-jalan, kandang juga berfungsi untuk membawa kucing ke arena kontes, tutur Cacang.

Makin beranekanya aksesoris untuk si meong membuat penyayang kucing mempunyai beragam pilihan untuk menampilkan gaya-gaya terbaik dari kucing-kucing koleksinya. Sebab sekali-kali kucing pun perlu tampil gaya. (Hanni Sofia)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img