Wednesday, February 21, 2024

Akarwangi Andal Serap Polutan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Rabu (20/12/2023) pukul 06.00 WIB mencatat beberapa kota memiliki kualitas baik. Misalnya Tanjung Pinang, Kepulauan Riau memiliki indeks kualitas udara 26.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 14 tahun 2020 tentang ISPU mencatat bahwa kualitas udara kategori baik berkisar 0—50. Kualitas udara sedang (51—100), kualitas udara tidak sehat (101—200), dan kualitas udara sangat tidak sehat (201—300).

Untuk mengatasi polusi udara, salah satunya dengan menanam akarwangi. Andropogon zizanioides identik sebagai  tanaman penghasil minyak asiri.  Namun, faedah akarwangi sejatinya bukan hanya sebagai sumber minyak asiri. Tanaman kerabat padi itu juga berperan mencegah tanah longsor.

Usai penyulingan, limbah akarwangi menjadi bahan baku papan serat. Satu lagi faedah akarwangi yang jarang kita ketahui adalah sebagai penyerap polutan.

Akarwangi juga penyerap yang hebat logam berat di lahan kering. Riset Ir. Jati Purwani, M.S., mengungkap akarwangi dapat hidup di tanah yang tercemar arsenik (As) hingga 500 ppm.

Setelah 6 bulan kadar arsenik tanah menurun drastis tinggal 214 ppm. Akarwangi juga menyerap logam berat lain seperti besi (Fe), mangan (Mn), seng (Zn), dan tembaga (Cu). Akarwangi menyimpan logam berat itu dalam organ tanaman tanpa gejala keracunan.

Di lahan berpolutan tinggi vetiver hidup lebih baik dibanding 3 spesies rumput lain yaitu bahia, st agustinus, dan bana. Akarwangi juga cocok karena produksi biomassa tinggi dan cepat tanpa khawatir menjadi invasif.

Musababnya, ia berbeda dengan rumput lain yang perbanyakan alaminya dengan biji yang tersebar angin. Vetiver hanya dapat diperbanyak dengan memecah anakan menjadi stek batang.

Pantas berjuta manfaat itu membuat mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, menjuluki akarwangi sebagai rumput ajaib. Ia memelopori penanaman vetiver grass di Bangkok, Thailand.

Di Negeri Gajah Putih itu akarwangi menjadi salah satu elemen taman kota. Ia ditata sedemikian rupa sehingga menambah keindahan sekaligus menyerap polutan dari kendaraan bermotor dan industri.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bisnis Madu Meningkat Menjelang Puasa dan Liburan

Trubus.id— “Permintaan madu bisa dua kali lipat ketika bulan puasa dan pekan liburan,” kata peternak lebah trigona di Kabupaten...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img