Sunday, July 14, 2024

Alasan Ilmiah Tali Putri Sembuhkan Batu Ginjal

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Tali putri Cassytha filiformis kerap dianggap sebagai tanaman parasit. Namun, siapa sangka tali putri bisa menjadi obat batu ginjal. Keampuhan tali putri membantu menyembuhkan batu ginjal sudah teruji secara ilmiah.

Menurut dr. Tjhin Willy, dokter di Primaya Hospital PGI Cikini, batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Contoh zat kimia yang dapat membentuk batu ginjal adalah kalsium dan asam oksalat.

“Seiring waktu, materi tersebut makin keras dan menyerupai bentuk batu,” kata Willy.

Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, yakni ginjal, saluran kemih yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih (ureter), kandung kemih, serta uretra atau saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh.

Secara ilmiah, khasiat tali putri dapat menyembuhkan batu ginjal ada dalam penelitian Suci dan rekan dari Fakultas Farmasi, Universitas Andalas. Suci dan rekan meneliti efek diuretik ekstrak tali putri secara in vivo pada tikus putih. Selain itu, mereka juga meneliti daya melarutkan batu ginjal dari ekstrak tali putri secara in vitro.

Suci menggunakan tali putri yang hidup pada tanaman widelia Sphagneticola trilobata sebagai inangnya. Suci lalu membersihkan tumbuhan parasit itu dan mengeringkannya. Selanjutnya, ia merajang hingga halus dan menimbangnya sebanyak 1,33 kg.

Tahap berikutnya, Suci merendam atau melakukan maserasi menggunakan etanol 70% dan sesekali mengaduknya. Ia menyaringnya 3 kali setelah 5 hari dimaserasi. Selanjutnya, ia menguji daya larut batu ginjal secara in vitro.

Suci dan rekan memperoleh batu ginjal dari salah satu pasien yang menderita penyakit batu ginjal di Rumah Sakit M. Djamil, Padang, Sumatra Barat. Suci menggerus batu ginjal itu dan menghaluskannya di dalam lumpang. Setelah itu, ia membuat larutan dan pembakuan disodium EDTA (Na2 EDTA) dengan magnesium sulfat (MgSO4).

Hasil penelitian membuktikan, ekstrak cuscuta—sebutan tali putri di mancanegara— berkonsentrasi 0,5%, 1%, dan 2% dapat melarutkan logam polivalen atau logam yang mempunyai beberapa bilangan oksidasi. Hasil pengukuran daya larut batu ginjal dipengaruhi  oleh faktor perlakuan secara sangat bermakna. Jadi, makin besar konsentrasi ekstrak tali putri, semakin besar daya larut batu ginjal.

Menurut Ietje Wientarsih, peneliti dari Departemen Klinik, Reproduksi, dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (IPB), kandungan kimia yang berfungsi melarutkan kalsium batu ginjal adalah flavonoid.

“Flavonoid, asam sitrat, kalium, dan magnesium, menghambat pembentukan batu ginjal,” jelasnya. Senyawa kompleks itu lebih mudah larut dalam air sehingga membantu dalam proses kelarutan batu ginjal. Aktivitas diuretik dari flavonoid dapat membantu pengeluaran batu dari dalam ginjal yang dikeluarkan bersama urine. Dengan begitu, tali putri ampuh membantu menyembuhkan batu ginjal.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img