Sunday, August 14, 2022

Aneka Rupa sang Bintang

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Begitu juga di tanahair. Belimbing lazimnya dinikmati segar. Kini, untuk menikmati jus star fruit tak perlu jauh-jauh menempuh ribuan kilometer. Cukup datang ke Sawangan, Depok, jus anggota famili Oxalidaceae itu dengan mudah diperoleh.

 

Di sanalah Maria Gigih Sandy mengolah belimbing menjadi jus yang menyegarkan. Dari sebuah ruangan 60 m2 di samping rumahnya, Maria memproduksi rata-rata 1.500 botol isi 250 ml setiap hari. Jus carambola itu kemudian dijajakan di toko-toko buah dan pasar-pasar swalayan di sekitar Depok dan Jakarta. Ia juga menjualnya melalui agen-agen di luar kota seperti Bandung, Surabaya, Bangka Belitung, dan Medan. Setidaknya 15.000 botol laris terjual setiap bulan. Dengan harga jual Rp3.500-Rp4.000/botol, Maria meraup omzet Rp52,5-juta/bulan.

Setiap harinya Maria membutuhkan pasokan 120 kg belimbing segar sebagai bahan baku. Pasokan bahan baku diperoleh dari para pekebun di seputaran Depok. Belimbing yang digunakan berkualitas grade C, yakni berbobot kurang dari 150 g/buah atau siripnya cacat sehingga tidak memenuhi standar pasar swalayan.

Buah berkualitas rendah itu terkadang tidak laku sama sekali. Padahal, jumlahnya cukup banyak, mencapai 20% dari total panen. ‘Kalau diolah, petani bisa memperoleh pendapatan tambahan karena buah rijek (sebutan produk berkualitas rendah, red) juga tetap laku dijual,’ ujar Maria.

Maskot

Sejak puluhan tahun silam, kota Depok memang dikenal sebagai sentra belimbing top yakni belimbing dewa. Komoditas itu menjadi andalan kota yang berbatasan dengan ibukota itu. Untuk melestarikannya, Nur Mahmudi Ismail, walikota Depok, menetapkan belimbing sebagai maskot kota.

Itu pula yang menginspirasi Maria memproduksi jus belimbing. ‘Jadi tak hanya buah segar yang menjadi buah tangan bila berkunjung ke Depok, tetapi juga olahannya,’ ujarnya. Apalagi daya tahan belimbing cukup singkat, hanya seminggu, dan mudah bonyok. Sedangkan jus lebih awet. ‘Tahan hingga 4 bulan,’ tutur ibu yang kerap menjadi pengajar tamu di beberapa universitas itu. Dengan begitu, pengunjung dari jauh pun tak segan membawanya sebagai buah tangan.

Meski diolah menjadi jus, toh citarasa khas belimbing tidak berubah. Kombinasi rasa manis menyegarkan dan sedikit sepat sengaja dipertahankan. ‘Kalau dihilangkan, orang justru tidak akan percaya kalau ini jus belimbing,’ kata Maria. Oleh karena itu, cara pengolahannya pun tergolong sederhana.

Daging buah segar yang telah dipotong dan dibuang bijinya disiram dengan air mendidih dan direndam selama 10 menit. Tujuannya untuk melayukan buah dan menonaktifkan enzim peroksidase dan katalase. Menurut Suyanti Satuhu, peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen, kedua enzim itu menyebabkan perubahan warna menjadi kecokelatan, seperti yang kerap terjadi bila membuat jus apel.

Daging buah kemudian dihancurkan menggunakan blender, lalu ditambahkan air dan dibiarkan hingga sejam. ‘Agar sari buahnya benar-benar larut dalam air, sehingga rasa dan aromanya tidak hilang,’ tutur Maria. Setelah itu larutan dimasak dalam wadah berbahan stainless steel dan ditambahkan larutan gula pasir sebanyak 30% dari total larutan.

Pemasakan dihentikan ketika suhu larutan mencapai 80-90oC. ‘Kalau terlalu panas nanti vitamin-vitaminnya bisa hilang,’ ujar ibu yang juga memproduksi jus rumput laut itu. Larutan kemudian disaring dan didinginkan hingga 45-50oC, lalu dikemas dalam botol-botol plastik berkapasitas 250 ml. Jus belimbing pun siap dinikmati kesegarannya.

Instan

Maria tak hanya memproduksi jus, tetapi juga sirup. Bedanya, konsentrasi gula pada sirup lebih tinggi yaitu mencapai 65%. Oleh karena itu sirup lebih kental. Mesti ditambahkan air bila hendak dikonsumsi. Pemilik CV Winner Perkasa Indonesia Unggul itu memproduksi rata-rata 240 botol sirup isi 500 ml/hari.

Kamaranga-sebutan belimbing di India-tak hanya dapat dinikmati dalam bentuk jus atau pun sirup. CV Tirta Indah Sentosa memproduksi belimbing yang diolah menjadi serbuk. Proses awal pembuatannya sama dengan jus dan sirup. Namun, pengolahannya lebih lama dan memerlukan gula lebih banyak, hingga 70-80% dari total larutan. Pengolahan lebih lama karena larutan sari buah dan gula dimasak hingga kadar airnya nihil dan hanya menyisakan kristal-kristal gula.

Rasa belimbing yang agak masam membuat kebutuhan gula untuk memproduksi ketiga komoditas itu cukup tinggi. Untuk jus misalnya, Maria membutuhkan setidaknya 80 kg gula setiap hari. Sedangkan harga makin hari makin menjulang. Meski demikian, Maria dan juga produsen lain tak tergiur menggunakan pemanis buatan. ‘Kami ingin memperkenalkan jus belimbing sebagai minuman kesehatan. Jadi pemakaian bahan kimia berbahaya dihindari,’ katanya.

Secara tradisional belimbing memang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Toh dugaan itu bukan sekadar mitos. Pada 1979, Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung meneliti keampuhan air perasan belimbing berdosis 10% menurunkan tekanan darah tikus.

Keripik

Menurut Andi Suhandi, kepada divisi pengolahan Pusat Koperasi Pemasaran Buah dan Olahan Belimbing Dewa (PKPBBD) Depok, ada 7 produsen olahan yang kini menjadi binaan koperasi. Selain jus, sirup, dan minuman instan, mereka juga memproduksi aneka olahan lain seperti keripik, dodol, dan selai. Sayangnya ketiga jenis olahan itu masih dalam percobaan. ‘Kami masih terkendala untuk menghasilkan rasa yang benar-benar enak,’ katanya.

Untuk membuat keripik misalnya. Daging buah yang berkadar air tinggi membuat porsi daging buah yang dapat dikonsumsi setelah diolah dengan penggorengan vakum sangat minim. ‘Keripik yang dihasilkan sangat tipis dan rasa khas belimbing kurang terasa,’ kata Ir Heru Prabowo, manajer pemasaran PKPBBD. Begitu juga dengan selai. ‘Kami masih menguji masa kedaluwarsanya,’ kata Maria. (Imam Wiguna)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img