Sunday, August 14, 2022

Anthurium Seharga Mobil

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Anakan kobra katalog variegata klangenan Purwo
Agung.

Trubus — Purwo Agung bahagia bukan kepalang. Ia berhasil menambahkan anthurium kobra katalog variegata menjadi salah satu koleksinya. Pehobi anthurium di Kota Bogor, Jawa Barat, itu harus menukar satu tanaman dengan sejumlah uang setara dengan harga satu unit mobil bekas. “Kobra katalog variegata itu paling bergengsi. Bagi pehobi anthurium rasanya belum lengkap kalau tidak punya kobra katalog” kata Purwo.

Ia mendapatkan tanaman anggota famili Araceae itu setelah negosiasi alot selama 3 jam. Bagi Purwo anthurium kobra katalog variegata memiliki karakter yang kuat. Keberhasilan memunculkan karakter variegata yang sulit menjadi kebanggaan tersendiri bila berhasil mengoleksinya. “Banyak pehobi memperbanyak secara generatif maupun vegetatif tetapi gagal. Karakter variegatanya tidak muncul,” katanya.

Baca juga : Sukses Benihkan Anthurium

Harga anakan kobra katalog variegata di pasaran berkisar dari Rp12 juta untuk satu daun. Kini Purwo memiliki dua anakan anthurium kobra katalog variegata, masing-masing terdiri atas 3 daun dan 4 daun. Ia belum mau melepasnya meskipun sudah ada yang menawar dengan harga tinggi. “Kobra katalog kebanggaan kolektor anthurium Jakarta dan sekitarnya. Jenis itu pembeda dengan kolektor daerah lain,” ujar Purwo.

Meski saat ini berbagai jenis tanaman hias tengah marak, pria yang terjun ke dunia anthurium sejak 2018 itu konsisten dengan anthurium. Perkembangbiakannya mudah. Baginya kegagalan memperbanyak anthurium khsusnya kobra katalog variegata justru menjadi tantangan tersendiri. Purwo memandang kecintaannya terhadap tanaman sebuah kesenian. “Seperti filosofi hidup, karakter terbaik yang muncul akan mencerminkan kewibawaannya. Maka pantas kalau dihargai dengan nilai yang tinggi” kata Purwo. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img