Thursday, July 25, 2024

Asal Usul Kombuca, Minuman Ragam Khasiat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Minuman kombuca  berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Tahukah Anda  dari mana asal kombuca? Nama Kombu sohor sejak berhasil menyembuhkan kaisar Jepang Inkyo dari gangguan pencernaan kronis pada 414 sebelum masehi (SM).

Tabib asal Korea itu memberikan ramuan berupa teh yang terfermentasi. Sejak itu racikan sang tabib menjadi sohor dengan sebutan kombuca. Kombuca berasal dari kata “kombu” yang diambil dari nama tabib, sedangkan “cha” berarti teh.

Menurut dr. Henry Naland, Sp.B (K) Onk., dalam buku Kombucha: Teh dengan Seribu Khasiat, kombuca sejatinya populer sebagai minuman kesehatan sejak 3.000 tahun lalu. Minuman kesehatan itu diduga berasal dari Tiongkok.

Kisah itu senada dengan yang ditulis ahli naturopati asal Jerman, Guntehr W. Frank. Sejak 221 SM, orang-orang Tiongkok menganggap kombuca sebagai minuman berbahan teh yang membuat hidup kekal atau tea of immortality.

Dari negeri Tirai Bambu kombuca mengikuti jalur perdagangan hingga akhirnya tersebar ke berbagai penjuru dunia. Pada 1800-an kombuca ditemukan di Rusia sebagai obat yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit.

Pada 1950-an kombucha makin dikenal dunia ketika dokter berkewarganegaraan Rusia menemukan komunitas penduduk yang terlindungi dari lingkungan terkontaminasi.

Rahasia mereka tetap sehat lantaran terbiasa mengonsumsi minuman kvass tea—sebutan kombuca dalam bahasa Rusia. Kisah itulah yang mendorong berbagai lembaga penelitian beramai-ramai meneliti khasiat kombuca.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img