Tuesday, November 29, 2022

Bakal Makin Langka

Rekomendasi

 

Yang dilarang tak hanya tanaman dewasa, tapi juga biji. Bukan hanya tanaman asal cabutan alam, pun yang sudah dirawat-terutama jenis-jenis langka yang masuk ke dalam Apendiks 1 CITES (Convention on International Trade in Endangered Species). Misal pachypodium brevicaule dan namaquanum. Padahal Afrika Selatan-bersama Madagaskar-sumber utama pachypodium. Di sanalah kerabat kamboja jepang itu hidup.

Pantas berita itu langsung menyulut protes dari investor asal Jerman dan Amerika Serikat yang banyak membuka nurseri di Benua Hitam itu. Beralasan karena mereka sudah menginvestasikan banyak uang. Pemerintah Afrika Selatan pun melunak. Peraturan baru akan diberlakukan pada Februari 2008.

Andalkan alam

Toh, berita itu sudah membuat sebagian orang buru-buru menyetok pachypodium. Maklum, pasokan madagascar palm selama ini memang mengandalkan tangkapan alam. Para pemilik modal-terutama dari Jerman dan Belanda-mengumpulkan tanaman untuk dirawat di nurseri. Sementara pemodal dari Amerika Serikat lebih banyak mengambil biji. Setelah tumbuh sehat barulah tanaman purba itu diperjualbelikan ke berbagai negara. Sebut saja Thailand, Australia, dan Indonesia. Sampai sekarang jenis asal budidaya- hibrida- masih terhitung jari. Contohmya

namaquanum aridland-silangan Pachypodium namaquanum x P. succulentum. Di tanahair, baru Joseph Ishak, Temi Hernadi, dan Handry Chuhairy yang memiliki. Jenis lain: densifl orum x brevicaule dan densifl orum x bicolor lebih sulit dicari. Jadi, beralasan jika pelarangan perdagangan pachypodium diberlakukan, madagascar palm makin langka. (Evy Syariefa/Peliput: Rosy Nur Apriyanti)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img