Sunday, August 14, 2022

Banjir Bandang Pupuk Organik

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Isi karung tak perlu dipilah seperti sampah pasar atau rumah tangga. Karung itu dibawa ke tempat pengolahan akhir. Setelah disiram larutan mikroba dan dibiarkan seminggu, hasilnya jadi uang.

Sampah pasar restoran paling mudah diolah. Isinya hanya nasi, lauk pauk, dan sayur. Setelah dipisahkan dari sampah anorganik, bahan organik disiram atau disemprot larutan mikroba. Tumpukan itu dibolak-balik selama 5— 7 hari. Dengan proses sederhana, bahan organik itu jadi hara yang dibutuhkan tanaman.

Bila jumlah cukup banyak, Mutawakkil, pengelola sampah itu, mengolahnya menjadi konsentrat untuk pakan ternak. Limbah itu memang kaya mineral dan vitamin.

Bahan baku yang dimanfaatkanPT Rajawali Cocofi bre, limbah sabut kelapa. Berbagai bahan baku lain dimanfaatkan untuk menghasilkan pupuk organik: sampah rumah tangga, pasar, limbah industri pertanian,limbah peternakan, limbah burung, tulang dan darah. Setelah diproses dengan berbagai teknologi, limbah itu siap dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Sejak teknologi pemanfaatan bakteri diperkenalkan untuk mengurai bahan organik, perusahaan pembuat pupuk organik marak di berbagai kota di Indonesia. Inilah sebagian merek pupuk organik yang beredar di pasaran. (Syah Angkasa)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img