Thursday, August 18, 2022

Banyak Pilihan Cakram Berpola Cantik

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Toh, apa yang terjadi pada Steve Irwin tidak membuat para pencinta pari hias tanahair gentar mengoleksi satwa asal Amerika Selatan itu. Yang dipelihara hobiis memang pari air tawar. ‘Pari air tawar juga memiliki duri sengat di ujung ekor layaknya pari laut. Namun, efeknya tidak fatal,’ ujar Henryarto Susilo, penangkar potamotrygon-pari hias tawar-di Semarang.

Pada kondisi normal racun pari yang mengandung enzim serotonin itu menimbulkan rasa nyeri selama beberapa jam. Itu dengan syarat duri hanya mengenai bagian tubuh tidak vital seperti tangan dan kaki. Hal itu pula yang membuat hobiis tak gentar memelihara bahkan menangkarkan ikan yang diameternya bisa mencapai 70 cm itu.

Cakram berpola

Potamotrygon memiliki penampilan unik dengan tubuh bulat pipih bak cakram. Di bagian atas tubuhnya terdapat pola bervariasi mulai dari totol-totol hingga bunga-bunga. Jika berenang, tubuh hewan yang mendiami dasar sungai itu berayun lembut bak permadani terbang.

Saat ini dikenal tak kurang dari 18 jenis potamotrygon dari berbagai penjuru sungai di Amerika Selatan. Jenis P. motoro, P. leopoldi, dan P. hystrix paling banyak dikoleksi hobiis. Harga jenis-jenis itu relatif mahal. Contoh P. motoro mencapai Rp1,5-juta per pasang dan P. leopoldi sekitar Rp30-juta per pasang anakan. ‘Itu karena leopoldi susah ditangkarkan,’ ujar Henry. Tiap kawin leopoldi hanya menghasilkan 2-5 anak, bandingkan dengan motoro yang menghasilkan 10 anak.

Black diamond merupakan varian leopoldi paling populer. Harganya mencapai Rp100-juta per pasang anakan. Corak black diamond kontras dengan tubuhnya. Tubuhnya hitam pekat dengan totol-totol putih di sekujur tubuh tersebar merata. Pada tepian cakramnya juga dikelilingi totol-totol putih berukuran lebih kecil. ‘Penampilannya memikat banyak orang,’ ujar Yohan Setiawan, hobiis di Solo, Jawa Tengah. Leopoldi kini relatif sulit didapat karena ada larangan keluar dari habitat aslinya di Amerika Selatan.

Kawin silang

Yohan sebetulnya lebih memfavoritkan tiger ray. ‘Dari segi corak tiger ray lebih menarik. Mirip batik sutra yang disulam benang emas,’ ujarnya. Sayang, jenis yang satu ini terbilang langka di pasaran lantaran belum banyak orang sukses menangkarkan. Jenis lain yang tak kalah menarik yaitu P. schroederi sakura. Sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki pola mirip bunga di sekujur tubuh yang berwarna putih seperti sakura. Varian yang mirip sakura adalah flower ray. Bedanya, warna tubuh maupun coraknya lebih cokelat.

Selain varian-varian alam, para hobiis di tanahair mulai mencoba menyilangkan beberapa jenis potamotrygon. Henry, misalnya, menyilangkan leopoldi dengan marble motoro warna cokelat dengan pola cincin kehitaman dan sedikit pola warna merah. Hasilnya, sama sekali berbeda dengan kedua induknya. ‘Coraknya justru seperti perpaduan flower ray dan leopoldi,’ kata Henry. Sayang harga pari hibrid jadi lebih murah. ‘Mungkin dianggap tidak orisinil,’ ujarnya. Meski begitu jenis ini tetap layak dikoleksi. Si ikan cakram berpola cantik makin digemari. (Tri Susanti/Peliput: Nesia Artdiyasa)

Potamotrygon sp. ‘tiger ray’

Ciri khas : Pola batik emas dengan dasar hitam

Harga : Rp70-juta-Rp100-juta per pasang

Foto-foto: Nesia Artdiyasa

1. Potamotrygon leopoldi normal

Diameter : 25 cm (umur 4 bulan)

Ciri khas : Tubuh kehitaman dengan totol-totol putih dan cokelat

Harga : Rp30-juta per pasang

2. Potamotrygon leopoldi ‘galaxy’

Ciri khas : Mirip leopoldi normal dengan totol-totol ukuran kecil pada tepi

cakram dan corak lebih rapat

Harga : Rp100-juta per pasang

3. Potamotrygon schroederi ‘flower ray’

Ciri khas : Tubuh cokelat dengan pola bunga di sekujur tubuh

Harga : Rp1,5-juta per pasang

4. Potamotrygon schroederi ‘sakura’

Ciri khas : Tubuh mirip flower ray, dengan corak dan warna dasar lebih pucat

Harga : Rp40-juta per pasang

5. Potamotrygon motoro ‘marble’

Diameter : 40 cm (umur 3 tahun)

Ciri khas : Tubuh cokelat dengan pola cincin cokelat tua memudar

Harga : Rp25-juta per pasang

6. Potamotrygon leopoldi ‘black diamond’

Diameter : 12 cm (anakan)

Ciri khas : Tubuh hitam dengan totol-totol putih di tubuh dan sekeliling tepi

cakram

Harga : Rp100-juta per pasang

7. Silangan pearl ray dan motoro, umur 3 bulan

Harga : Rp7,5-juta per pasang

1

6

2

3

4

5

7

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img