Sunday, August 14, 2022

Baru: Boa Hijau

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Emerald bukan boa biasa. Corak hijau menjadi keistimewaan anggota keluarga Boidae itu. Normalnya warna cokelat dan merah kehitaman mendominasi tubuh boa. Pantas Eddy Somajanto, hobiis di Jakarta Barat ngotot mendatangkan ular yang dapat mencapai panjang 2 m itu. ‘Saya harus menunggu 2 bulan untuk bisa mendapatkan emerald dari penangkar di Miami, Amerika Serikat, pada Juni 2008 lalu,’ kata Eddy.

Di luar corak hijau yang membuat kolektornya jatuh cinta pada Corallus caninus, ia mempunyai cincin bercorak putih tersebar di tubuh. Cincin-cincin itu berbaris rapi dengan jarak tertentu mulai dari kepala hingga ekor. ‘Sepintas mirip python condro asli Papua, tapi ada tambahan corak putih,’ kata Eddy. Python condro Morelia viridis memiliki warna sisik hijau terang.

Aneka warna

Menurut Budi Wonosasmito, importir reptil di Surabaya, corak emerald lebih cantik ketika berumur kurang dari 8 bulan. ‘Warnanya bervariasi mulai dari jingga sampai merah,’ katanya. Salah satu emerald koleksi Budi yang berumur 6 bulan memiliki corak merah terang bertotol hijau di sekujur tubuh. Warna merah itu berangsur berubah hijau saat ular berumur di atas 1 tahun. Begitu pula totol hijau bersalin rupa menjadi motif cincin bercorak putih. Nah boa Eddy sudah berwarna hijau – karena sudah berumur 13 bulan.

Emerald hanya satu dari 5 jenis boa baru yang sejak awal 2008 meramaikan jagad boa di tanahair. Yang lain, tak kalah cantik, misalnya cook tree boa. Ular yang aktif malam hari – nokturnal – itu bercorak krem pastel dengan totol jingga dari kepala hingga ekor. Tubuhnya kecil dan langsing dengan panjang maksimal 1,5 m.

Dibandingkan emerald, sifat cook jauh lebih agresif. ‘Jenis ini tak disarankan bagi pemula,’ ungkap Eddy. Makanya penggemar Corallus enydris cooki itu didominasi hobiis lama yang lumrah menangani ular. Maklum, sedikit salah penanganan ular yang di habitat aslinya di Amerika Selatan dan suka menyantap burung itu bakal mogok makan hingga berminggu-minggu.

Atau yang tak kalah menarik: northern brazilian. Ular bertemperamen lebih tenang itu sudah sulit ditemukan di habitat aslinya di Amazon, Brasil. Ia jenis constrictor. Warna ular itu cokelat muda dengan motif batik berwarna cokelat tanah. Itu masih ditambah pemanis berupa taburan titik-titik kecil berwarna cokelat kehitaman di sekujur tubuh. ‘Nilai keunikannya yang terbesar terletak pada warna ekor yang merah,’ kata pemilik Savera Reptile itu.

Satu lagi yang dapat menjadi pilihan yaitu central american boa. Boa yang sebaran habitatnya luas mulai dari gurun hingga hutan hujan tropis itu panjangnya dapat mencapai 5 m. Meski tambun central american bertemperamen tenang sehingga mudah jinak. ‘Perawatannya juga tak sulit, ia gampang sekali beradaptasi,’ ujar Budi Dewanto, pemilik Deep Jungle Exotic Petstore di Jakarta Selatan.

Corak bunga

Amerika Latin memang gudangnya boa-boa cantik, tapi Benua Afrika juga ternyata menyimpan boa menawan. ‘Boa dari Afrika rata-rata bermotif unik,’ ujar Budi Wonosasmito. Contoh dumeril boa asal Madagaskar. Ular sepanjang 2,5 m itu pola tubuhnya mirip bunga mawar yang sedang mekar. ‘Corak itu tidak ditemukan pada boa dari Amerika Selatan,’ kata Budi.

Boa ini juga punya kekhasan lain. Acrantophis dumerili itu suka mengubur diri dalam timbunan daun sambil menunggu mangsanya lewat. ‘Saat tikus lewat, ia menyergap dan melilitnya,’ ujar pemilik Turtle World di Surabaya itu. Makanya saat dipelihara di kandang seresah daun wajib ada supaya mirip di habitat aslinya. Yang lain albino kenyan sand boa.

Tubuhnya mungil dengan corak ngejreng kuning hingga jingga. Ular yang panjang tubuhnya 60 cm itu pun memiliki totol cokelat tua atau hitam dari pangkal kepala hingga ujung ekor. Karena kecantikannya boa dari Afrika berharga tinggi. Boa umur 4 – 6 bulan mencapai Rp8-juta – Rp9-juta/ ekor; Amerika Selatan berkisar Rp2,5- juta – 8-juta/ekor. Nah, asyiknya meski jauh dari habitat asli, warna mereka tidak pudar seperti emerald milik Eddy. (Andretha Helmina/Peliput: Tri Susanti)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img