Berbagai Pilihan Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

0
tempuyung herbal asam urat
Tempuyung membantu mengatasi asam urat berlebih.(Trubus/Sardi Duryatmo)

Trubus.id — Ada beragam pilihan untuk mengatasi asam urat. Koordinator Rumah Riset Jamu Hortus Medicus Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dr. Danang Ardiyanto mengatakan, penderita asam urat harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dan fruktosa.

Danang mencontohkan, minuman yang mengandung gula dan fruktosa itu seperti alkohol dan sirop jagung (pemanis yang dibuat dari tepung jagung). Selain itu, penderita asam urat disarankan untuk menghindari penganan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, udang, kerang, dan teri.

Sebagai gantinya, Danang meresepkan daun dan batang seledri (Apium graveolens) untuk pasien asam urat. Dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu mengombinasikan seledri dengan daun sendok (Plantago major), daun kepel (Stelechocarpus burahol), dan kayu secang (Caesalpinia sappan).

Adapun untuk memberikan efek analgesik, Danang menambahkan buah cabai jawa (Piper retrofractum). Menurut Danang daun sendokmemiliki 14 kandungan bioaktif, yakni iridoid glikosida (seperti aukubin), flavonoid (termasuk apigenin), dan polifenol.

Selain itu daun sendok juga mengandung komponen aktifseperti polisakarida, lipida, turunanasam kafeat, terpenoid, alkaloid, dan asam-asam organik.

“Ekstrak etanol daun sendok mempunyai daya inhibisi 100 ppm setara dengan allopurinol 10 ppm,” tutur Danang.

Herbal lain yang manjur mengatasi asam urat tinggi adalah daun tempuyung (Sonchus arvensis). Tempuyung berefek diuretika sehingga dapat bersifat urikosurik melalui eliminasi asam urat dalam kandung kemih.

Sementara itu, periset di Program Studi Farmasi Universitas Duta Bangsa Surakarta, Jawa Tengah, Danang Raharjo, Bangkit Riska Permata, dan Rafidah Haifah, dalam risetnya mengungkapkan alternatif lain mengatasi asam urat dengan kulit batang mangrove merah.

Mangrove merah (Rhizopora mucronata) dapat menghambat aktivitas enzim xantin oksidase. Senyawa xantin memicu pembentukan asam urat. Jika aktivitas xantin itu terhambat, asam urat gagal terbentuk.

Aktivitas penghambatan enzim bekerja paling optimal pada konsentrasi ekstrak kulit batang mangrove merah 1,440 ppm. Itulah beberapa herbal yang dapat mengatasi asam urat.