Friday, December 9, 2022

Berkadar 95% Juga Bisa

Rekomendasi

Baru saja satu putaran, Indra menghentikan sepeda motor di hadapan Junaidi Baqo. ‘Silakan coba, Pak,’ ujar Indra.

Junaidi pun bergantian menunggangi si roda dua. ‘Tarikannya mantap. Tidak ada masalah,’ ujarnya. Padahal, mesin sepeda motor itu bukanlah berbahan bakar bensin, melainkan bioetanol murni berkadar 95%, bukan 99% seperti disarankan ahli mesin. Bukan kali itu saja Indra menggunakan bioetanol sulingan molase alias tetes tebu sebagai bahan bakar. ‘Saya mulai mencobanya sejak seminggu lalu (awal Oktober 2007, red)’ ujarnya.

Sepeda motor hitam itu setia mengantarkan Indra menuju kantor yang berjarak 10 km dari rumahnya. Hingga saat ini, kinerja mesin sepeda motor itu tetap bagus. Bahkan, kebutuhan bahan bakar pun semakin hemat. ‘Biasanya seminggu habis 7 liter bensin. Kalau pakai bioetanol, hanya 3,5 liter,’ katanya. Artinya, Indra menghemat separuh kebutuhan bahan bakar.

Keberhasilan Indra itu seakan mendobrak teori bahwa untuk menggantikan bensin, bioetanol mesti berkadar minimal 99,95%. ‘Setelah dicoba ternyata dengan menggunakan bioetanol berkadar 95% juga bisa,’ katanya. Namun, Indra menambahkan larutan pencegah karat berdosis 2%. Larutan itu diperoleh dari toko-toko penyedia bahan-bahan kimia atau water treatment. ‘Etanol yang masih mengandung air menyebabkan karat pada tangki bahan bakar yang terbuat dari besi. Jadi perlu tambahan zat pencegah karat,’ katanya.

Pemakaian bahan bakar etanol juga hanya memungkinkan pada mesin yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar otomatis seperti pada sepeda motor keluaran anyar. Jadi, jangan ragu mencoba bahan bakar bioetanol. Selain penampilan mesin kian andal, juga menghemat pemakaian bahan bakar fosil yang kian menipis. (Imam Wiguna)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Keunggulan Kapal Canggih Penebar Pakan Ikan

Trubus.id — Kapal penebar pakan ikan bisa menjadi alternatif para pembudidaya yang memelihara ikan di tambak yang luas. Salah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img