Sunday, August 14, 2022

Betta Fiesta 2007 : 8 Jam Ngedok Raih Juara

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Ketahanan ngedok halfmoon berumur 6 bulan itu sungguh luar biasa. Selama penyelenggaraan kontes cupang di dalam dan luar negeri, belum pernah ada yang ngedok hingga berjam-jam. Apalagi, ‘Bukaan ekor sangat sempurna dan tanpa sobek,’ ujar Fuad Ahdiat, ketua panitia kontes. Kesempurnaan sang kampiun makin lengkap dengan tubuh proporsional, warna bersih, dan sirip atas tegak lurus. ‘Untuk kali ini ia yang terbaik,’ imbuh Fuad.

Keunggulan halfmoon jagoan Michelle itu tak mampu disaingi rival terberatnya, kampiun serit maskot. Meski sebetulnya serit andalan Nandi Sofyan Ramali itu tak kalah istimewa. Ia memiliki warna tubuh cemerlang dan ngedok lama. Kekurangannya, ketebalan ray-tulang-tulang sirip-tidak seragam sehingga cupang serit yang memiliki panjang tubuh 5 cm itu hanya meraih runner up. ‘Di ekor atas tulang sirip tampak lebih tipis,’ kata Setiawan Budi Iswanda, koordinator juri dari Bandung.

Perjuangan ekstra

Perjalanan sang grand champion panjang dan berliku. Di babak awal, ia harus bertarung di kelas bebas menghadapi 10 halfmoon dari berbagai daerah. Halfmoon kombinasi andalan Betta United bahkan mampu menyaingi perolehan angka dengan warna dan sirip apik-nya. ‘Nilainya berbeda tipis, terpaut 0,3 angka dari juara,’ kata Hadi, juri dari Bandung. Ia kalah karena tak mampu ngedok sempurna.

Sebelum ke babak grand champion mewakili kategori halfmoon, sang jawara ditantang 9 kampiun halfmoon dari berbagai kategori, seperti kampiun warna kombinasi dan warna dasar. Halfmoon kombinasi andalan Wei menjadi pesaing utama dengan bermodal warna kombinasi dan ekor mengembang sempurna. ‘Sulit dibedakan secara kualitas,’ ujar Asep, peserta dari Karawang, Jawa Barat. Sayang, andalan Wei tersingkir lantaran sirip atas membengkok dan mental drop saat penjurian.

Bahkan, halfmoon warna dasar dengan gerakan aktifnya sempat mengancam sang juara. Namun, halfmoon klangenan Betta Eternal itu masih mempunyai kelemahan: bukaan ekor kurang maksimal serta sirip atas dan bawah tidak seimbang. Alhasil, harapan halfmoon bertubuh bongsor itu menduduki takhta juara sirna.

Semarak serit

Di kategori serit, persaingan meniti tangga juara juga berlangsung sengit. ‘Semua serit yang tampil bermental juara,’ papar Nathan Nael, peserta dari Bandung. Contoh di perebutan juara kelas. Serit kombinasi senior andalan Ralph Tan dari Filipina sebelum sukses meraih juara harus melawan cupang jagoan Nikko asal Bandung. ‘Cupang milik Ralph Tan memiliki tulang serit tebal dan rapi. Sirip ekor juga tidak tampak bengkok,’ tambah Hadi. Dengan kelebihan itu ia dapat mengempaskan lawan-lawannya.

Di kelas maskot, serit milik Nandi SR mengukuhkan diri sebagai yang terkuat. Cupang yang menempati akuarium nomor SRM100 itu mendepak serit milik Nikko. ‘Gelar terhormat layak disematkan karena coraknya solid dan seritnya rapi,’ ucap Halim Djohan, anggota juri.

Kualitas pesaing sang juara sebetulnya setara. Jarak tulang seritnya seimbang. Sirip atas dan bawah juga sempurna. Tubuhnya pun simetris. ‘Serit milik Nikko kalah karena gerakannya tidak gesit dan bukaan ekornya tidak sempurna,’ papar Gunawan, seorang kontestan.

Pertarungan seru tidak hanya tersaji di kategori halfmoon dan serit. Di kategori plakat juga menampilkan pertarungan ketat. Plakat kombinasi milik Michelle berhasil menorehkan prestasi tertinggi. Kemenangan itu sekaligus memupuskan harapan Suwandhi dan Nathan Nael. Menurut Setiawan, plakat warna kombinasi itu sebenarnya tidak terlalu diunggulkan. ‘Ia menang karena mentalnya bagus, agresif, dan warna siripnya terang,’ katanya.

Kontes cupang bertaraf regional yang digelar pada 15-17 Juni 2007 di Pasar Pagarsih Bandung itu sukses. Banyak pemain baru ikut berpartisipasi di lomba bertajuk Betta Fiesta 2007 itu. Panitia mencatat 219 peserta berlomba dalam 3 kategori dengan 13 kelas itu. Selain peserta dari dalam negeri, tamu dari Filipina ikut serta bertarung di kategori serit kelas kombinasi senior. ‘Lomba ini merupakan ajang untuk pemanasan menghadapi kontes nasional piala Gubernur Jawa Barat,’ papar Fuad. (Hermansyah)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img