Tuesday, July 23, 2024

Bikin Salad Lezat dari Aneka Bunga

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Hidangan salad lazimnya berisikan aneka jenis sayur. Namun, warga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Arini Suwarli menyajikan aneka salad bertabur bunga seperti bunga telang, turi, dan bunga pisang.

Menurut Arini bunga telang kaya antioksidan yang manjur mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, mampu mengatasi flu, masalah pada saluran pernapasan, dan memperlancar pencernaan.

“Manfaat mengonsumsi salad edible flower mampu memerangi radikal bebas,” kata Arini.

Arini mencampur bunga telang dengan bunga turi Sesbania grandiflora dan bunga pisang atau jantung Musa paradisiaca. Ia mengiris melintang jantung pisang sehingga berukuran kecil. 

Untuk bumbu atau dressing ia menggunakan irisan bunga kecombrang Nicolaia speciosa, buah lemon, cabai, garam, minyak kelapa, dan gula semut. Ia menyiramkan bumbu di atas bunga, mengaduk agar tercampur merata.

Cita rasa salad bunga itu lezat. Arini mengonsumsi bunga-bunga dalam keadaan mentah. Ia menganut pola konsumsi pangan mentah atau row food. Namun, sebetulnya penggemar salad juga bisa mengukus atau merebus sesaat bunga-bunga itu.

Menurut Arini kandungan gizi bunga-bunga mentah dalam salad itu tetap tinggi. Proses pengukusan atau perebusan menyebabkan kandungan gizi berkurang. Itulah sebabnya Arini mengonsumsi salad bunga mentah.

Selain itu Arini juga mengolah bunga Torenia fournieri dan pansi Viola tricolor menjadi salad. Cara membuatnya pun sama, yakni dengan  mencampur bahan baku dan menambahkan bumbu kecombrang. 

Bahkan, jika tersedia Arini membuat salad bunga mawar. Menurut Arini penggemar juga bisa memanfaatkan bumbu salad yang tersedia di pasaran jika ingin praktis. Selain menyajikan salad bunga, Arini juga mengombinasikan dengan buah.

Ia memotong dadu buah melon atau semangka. Lalu menaburkan bunga di atas potongan buah dan menyiramkan bumbu bikinannya. Menikmati salad buah bercampur bunga dengan bumbu khas kecombrang memberikan sensasi yang berbeda.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img