Friday, May 24, 2024

Bisnis Indah Hantaran di Hari Raya

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Kesibukan Amanda Andriani Iskandar meningkat menjelang Idulfitri. Amanda kebanjiran pesanan paket bunga hantaran. Ia menerima pesanan 150 paket bunga hantaran dari kantor pusat bank yang ada di Jakarta.

Amanda membanderol hantaran senilai Rp500.000—Rp1 juta per paket. Ada juga pesanan dari beberapa kantor cabang bank sebanyak 50 paket bunga hantaran yang berharga Rp500.000—Rp750.000 per paket.

Pesanan bunga hantaran pun datang dari konsumen perorangan. Amanda biasanya melayani hingga 300 paket bunga. Harga paket bervariasi mulai dari Rp325.000— Rp2,5 juta per paket.

“Rata-rata pemesanan seharga Rp1 juta per paket,” kata pemilik toko bunga Amandine Florist di Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, itu. Hantaran rangkaian bunga menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat untuk memberikan hadiah kepada keluarga maupun kolega.

Dari hasil perniagaan hantaran itu Amanda memperoleh omzet sekitar Rp400 juta selama 2 pekan menjelang Idulfitri. Menurut Amanda pengiriman paket bunga hantaran sejak 14 hari sebelum Idulfitri.

Puncaknya pada saat 10—3 hari menjelang hari raya umat Islam itu. Mayoritas konsumen berasal dari kota di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat (Bogor, Depok, dan Bekasi), dan Banten (Tangerang).

Amanda menuturkan bahwa pemesanan hantaran rangkaian bunga di Idulfitri mayoritas menggunakan bunga anggrek bulan putih. Harap mafhum putih memiliki makna suci yang mewakili suasana Idulfitri.

Amanda memilih tanaman anggrek bulan putih segar dalam pot plastik sebagai materi rangkaian. Tujuannya supaya pelanggan bisa menikmati keindahan bunga lebih lama. Kuntum anggrek bulan putih segar mampu bertahan hingga 4 pekan. Ia membuat berbagai variasi paket bunga hantaran untuk Idulfitri.

Pada rangkaian hantaran dengan kombinasi anggrek bulan segar dan bunga potong lain memiliki harga lebih tinggi. Sebagai contoh hantaran bertema Maroko. Rangkaian itu terdiri atas 2 batang anggrek bulan, mawar putih potong, dan krisan kuning potong.

Amanda menyematkan palem kipas kering warna emas yang menjadi ciri khas gaya Maroko. Amanda membanderol rangkaian itu minimal Rp500.000 per paket.

Ia juga menyediakan paket bunga hantaran dengan harga terjangkau untuk konsumen perorangan. Paket hantaran minimalis itu berisi satu batang anggrek bulan dalam pot plastik yang diletakkan ke dalam pot keramik berdiameter 15—17 cm.

Amanda menambahkan hiasan berupa ketupat dari anyaman pita untuk menggambarkan nuansa khas Idulfitri. “Jumlah tanaman memengaruhi harga rangkaian hantaran berisi anggrek bulan segar,” kata alumnus Arizona State University, Amerika Serikat, itu.

Ia mematok setiap pertambahan anggrek bulan segar dengan harga Rp300.000 per batang. Selain itu tingkat kerumitan rangkaian juga menambah nilai jual paket bunga hantaran.

Amanda mendatangkan langsung anggrek bulan dari pekebun langganan di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Sementara pasokan bunga potong ia peroleh dari pasar bunga Rawa Belong, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img