Thursday, July 25, 2024

Bisnis Menjanjikan Biji Kuping Gajah, Laku di Pasar Lokal dan Mancanegara

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bisnis biji kuping gajah menjadi tren baru. Lazimnya transaksi tanaman hias berupa tanaman yang sudah bertunas. Namun Eddy Pranoto saban bulan menjual 100—600 biji kuping gajah.

Ia mengemas biji dalam stoples berisi sphagnum moss. Setiap paket berisi 3 biji dari tongkol yang sama. Eddy membanderol produk itu seharga Rp250.000— Rp750.000 per paket untuk pasar lokal. Sementara harga pasar mancanegara lebih tinggi 20—30% daripada harga pasar lokal.

Eddy pernah menjual satu biji tanaman variegata seharga Rp750.000—Rp1 juta. Jika satu paket berisi 3 biji, harga satu paket mencapai Rp2,25 juta—Rp3 juta. Transaksi mahal itu terjadi untuk konsumen asal Amerika Serikat dan Kanada.

Pebisnis dan penangkar tanaman hias di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, itu memang bukan cuma menyasar pasar lokal, tetapi juga internasional. Ia mengirim biji kuping gajah ke beberapa negara seperti Filipina, Thailand, Jerman,dan Belanda.

Sementara pasar lokal tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. Eddy menjual 34—200 paket per bulan sehingga memperoleh omzet Rp8,5 juta—Rp150 juta per bulan. Ia mulai menjual paket biji kuping gajah sejak awal 2023.

Menurut Eddy terdapat dua jenis pelanggan yang membeli biji kuping gajah. Pertama pembeli ingin mengetahui dan menikmati pertumbuhan tanaman dari nol. Kedua pelanggan yang membeli lantaran harga biji lebih murah daripada yang sudah bertunas.

Ia menuturkan pembeli hanya perlu menyemai dan membiarkan tanaman tumbuh. Sebelum membeli biji, biasanya pelanggan melacak induk tanaman. Biji yang disemai otomatis hasil seleksi dari indukan terbaik. Selang 3 bulan tanaman bisa dijual dengan harga jutaan rupiah.

Eddy menjual dua jenis biji kuping gajah yaitu dari tanaman hibrida yang melakukan perkawinan sendiri. Contoh Anthurium papillilaminum cv. eczema.

Ia juga menjual biji kuping gajah hasil persilangan baru antara dua induk berbeda. Misal hasil persilangan Anthurium crystallinum cv. luxurians dengan anthurium golden sunrise lopati.

Eddy mendaftarkan pengiriman paket sesuai prosedur pengiriman tanaman hias. Musababnya selama perjalanan terkadang ada biji yang berkecambah. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus perizinan 14 hari. Sementara waktu pengiriman 4—7 hari.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img