Friday, August 12, 2022

Bonsai Pasar Ekspor

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Bonsai salah satu elemen utama penyusun akuaskap. (Dok. Ahmad Soleh)

Kreativitas dan bahan baku kunci sukses menghasilkan bonsai berkualitas ekspor.

Trubus — Ahmad Soleh menjual 75 hardscape dan bonsai berharga Rp80.000—Rp100.000 untuk akuarium 15 cm dan 20 cm setiap bulan. Hardscape dan bonsai salah satu elemen utama akuaskap. Menurut Shogaii—panggilan akrab Ahmad Soleh—hardscape merupakan perpaduan batu dan kayu yang dibentuk mirip tema tertentu seperti pohon atau hutan. Sementara susunan kayu dan batu mirip pohon besar yang berukuran kecil disebut bonsai.

Ahmad Soleh alias Shogaii fokus memproduksi hardscape dan bonsai sejak 2016. (Dok. Trubus)

“Saya memproduksi hardscape dan bonsai karena permintaan keduanya relatif banyak,” kata pria yang menekuni dunia akuaskap sejak 2016 itu. Konsumen Shogaii meliputi toko penyedia peralatan akuaskap di berbagai darah di Indonesia seperti Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan Pekanbaru (Riau). Pasar mancanegara pun terpincut karya warga Kota Depok, Jawa Barat, itu. “Saya mengirimkan lebih dari 20 bonsai ke Singapura pada medio 2019,” kata pemilik galeri akuaskap Aqua Nature Art itu.

Kunci keberhasilan memproduksi hardscape dan bonsai idaman konsumen antara lain kreativitas dan bahan baku terbaik. Shogaii rutin berselancar di dunia maya untuk mencari gambar bonsai sebagai sumber inspirasi minimal sekali setiap bulan.

Lebih lanjut ia menuturkan teknik penempelan pada pembuatan hardscape dan bonsai relatif sama. Bedanya perancang mesti menentukan tema lebih dahulu ketika membuat hardscape. Setelah itu penetuan bahan baku dan pengerjaan.(Riefza Vebriansyah)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img