Wednesday, February 8, 2023

Buah Bit Berkhasiat Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Rekomendasi

Trubus.id — Masyarakat bisa mengolah buah bit menjadi beragam produk olahan. Mulai dari jus, sup, salad, hingga burger buah bit. Bukan hanya menjadi produk olahan, faktanya secara ilmiah buah bit berkhasiat mencegah penyakit batu ginjal.

Pembuktian khasiat buah bit Beta vulgaris dilakukan oleh Prof. R. Saranya dari Departemen Bioteknologi, Mother Teresa Women’s University, Tamil Nadu, India, pada 2013.

Saranya membuktikan bit ampuh mencegah kristalisasi kalsium oksalat. Pasalnya,  urolithiasis atau penyakit batu ginjal disebabkan oleh timbunan kalsium oksalat yang seiring berjalannya waktu kemudian mengeras dan mengkristal.

Riset Saranya yang dimuat dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences itu dilakukan dengan cara menambahkan larutan ekstrak bit pada preparat yang berisi 50 mMol per liter cairan CaOx atau kalsium oksalat.

Perlakuan dosis ekstrak bit yang diaplikasikan pada penelitian itu adalah 0,5 mg, 1 mg, 2 mg, dan 3 mg per ml. Untuk kontrol, ia menggunakan larutan CaOx tanpa penambahan zat apa pun.

Hasil pengamatan menunjukkan, penambahan cairan ekstrak bit 3 mg per ml menghambat pembentukan kalsium oksalat paling besar yakni 96 persen. Aktivitas penghambatan semakin meningkat seiring dengan penambahan konsentrasi ekstrak bit.

Saranya menduga kemampuan bit untuk menghambat pembentukan kalsium oksalat terkait dengan banyaknya senyawa saponin pada bit. Bit memiliki 11 tipe saponin.

Selain mampu mengatasi batu ginjal, dengan rutin mengonsumsi buah bit dapat membantu mengontrol tekanan darah, terkhusus bagi para penderita hipertensi atau penderita tekanan darah tinggi.

Bukan hanya bagian umbi atau buahnya yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, melainkan daun bit juga mengandung zat nitrat yang baik untuk mencegah darah tinggi serta penyakit jantung sekaligus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img