Wednesday, June 19, 2024

Cabai Merah Keriting Baru, Toleran Bulai dan Produktivitas Tinggi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Cabai  merah keriting berproduktivitas tinggi dan tahan serangan virus disukai para petani seperti M Iqbal Habibi, S.P. Ia menuturkan cabai unggu, pohon yang tahan virus gemini dan layu fusarium. Selain itu, buahlebat, tahan patek, dan tahan lalat buah.

Menurut Petani cabai di Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, itu, pemilihan varietas cabai tidak boleh sembarangan. Musababnya salah satu faktor penentu hasil panen optimal.

Lazimnya varietas cabai unggul dapat dilihat dari tingkat ketahanan terhadap serangan hama dan penyakit. Penyakit bulai yang disebabkan virus gemini merupakan salah satu momok bagi petani cabai. Solusinya petani memilih jenis cabai yang toleran virus.

Cabai merah keriting (cmk) Casabe bisa menjadi pilihan. Cabai baru karya PT Tunas Agro Persada itu hasil pemuliaan CBKRBT2 29.13.04.23.42.33 sebagai induk betina dan CBKRJT3 40.17.12.44. 26.08 (induk jantan).

Keunggulan Casabe toleran penyakit bulai. Menurut Direktur Pemasaran PT Tunas Agro Persada, Cipto Legowo, penyakit bulai menjadi momok petani cabai. Tingkat kegagalan akibat serangan virus gemini sangat tinggi.

“Bulai menyerang sejak tanaman masih kecil sehingga potensi tingkat kegagalan sampai 100% karena tanaman tidak berbuah,” kata Cipto.

Keunggulan lain Casabe memiliki potensi produktivitas tinggi yakni 23,97 ton —30,34 ton per hektare (ha). Cabai itu pun memiliki wilayah adaptasi yang bagus meliputi dataran rendah maupun dataran tinggi. Selain itu Casabe adaptif di segala musim.

 “Apalagi di Indonesia tidak ada jeda musim tanam cabai. Musim hujan atau kemarau pasti ada yang menanam cabai,” kata Cipto.

Casabe dapat dipanen saat tanaman berusia 78—82 hari setelah tanam (hst). Casabe memiliki tekstur buah lentur atau tidak mudah patah, warna merah cerah, dan daya simpan yang lama mencapai 4—7 hari. Syaratnya pemanenan cabai dari tanaman sehat, tidak kehujanan, dan tempat penyimpanan tidak lembap.

Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 654 Mei 2024 mengupas tuntas POC Asam Amino : Panen Melonjak Hngga 100%.  Dapatkan Majalah Trubus Edisi 654 Mei 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img