Wednesday, September 28, 2022

Cara Ampuh Cegah Penyakit Busuk pada Akar Pepaya

Rekomendasi

Trubus.id — Penyakit busuk pada akar pepaya sangat meresahkan pekebun pepaya. Pasalnya, penyakit itu disebabkan oleh jamur atau cendawan Phytophthora. Cendawan itu berbahaya karena sebagai patogen dapat bertahan lama di dalam tanah yang mengandung banyak bahan organik. Penyakit itu juga dapat menyebar dengan bantuan air yang mengalir di atas permukaan tanah. Berikut ini cara mengatasi penyakit busuk akar pepaya.

Buat guludan

Pekebun bisa membuat guludan dari tanah setinggi 30 cm dan lebar 50 cm sebagai tempat tumbuh tanaman. Selanjutnya, tanam benih di guludan dengan kedalaman sekitar 5–10 cm dari permukaan tanah.

Pupuk

Taburkan pupuk kandang di permukaan tanah di sekeliling tempat penanaman benih. Dengan begitu, nutrisi masuk ke tanah secara lambat urai karena tahap pertumbuhan benih lebih membutuhkan ketersediaan air yang cukup.

Pengairan

Pemenuhan kebutuhan air pada lahan juga harus memperhatikan pengaturan drainase. Saluran pembuangan air yang masuk ke lahan penting dibuat supaya tanah tidak jenuh air.

Kalau tanah sudah jenuh air, teksturnya berubah menjadi padat dan saat kering permukaannya pecah-pecah. Kondisi seperti itu tidak mendukung untuk tumbuhnya tanaman apa pun.

Pekebun harus memberi jalan air seperti parit kecil supaya tidak berada di lahan terlalu lama. Itu salah satu fungsi penanaman benih di guludan. Posisi benih dan pupuk tidak terendam air sehingga terhindar dari busuk dan perkembangan cendawan.

Uji kelembapan

Cendawan Phytophthora penyebab busuk akar menyukai lingkungan lembap untuk hidup dan berkembang biak. Pekebun dapat menguji tingkat kelembapan lahan dengan cara berdiam di bawah pohon yang teduh atau naungan selama sekitar 10 menit. Bila selama itu tubuh mengeluarkan keringat, berarti tingkat kelembapan termasuk tinggi.

Untuk mengurangi tingkat kelembapan, lakukan pemangkasan tanaman supaya sirkulasi udara kembali lancar dan lingkungan tidak didominasi udara yang mengandung banyak uap air. Dengan beberapa tahapan itu, bisa menjadi alternatif untuk mengatasi penyakit busuk pada akar pepaya.

Untuk mendapatkan informasi terkait cara mengatasi hama atau hambatan dalam budidaya pepaya, Anda bisa memperolehnya secara lengkap di Majalah Trubus Edisi September 2022 yang mengupas tuntas peluang bisnis pepaya terbaru dari hulu ke hilir.

Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 634 September 2022 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img