Wednesday, February 8, 2023

Cara Ampuh Mengatasi Tiga Masalah Penyakit pada Kambing

Rekomendasi

Trubus.id — Seringkali peternak kambing mengalami kebingungan saat menemukan kambing peliharaannya terserang penyakit. Penyakit yang kerap menyerang kambing di antaranya masuk angin, koreng, dan cacingan. Untuk mengatasi hal itu, berikut cara mengatasi tiga masalah penyakit pada kambing.

Kambing kembung atau masuk angin

Kembung atau masuk angin pada kambing bisa terjadi karena kambing mengonsumsi pakan yang terguyur air hujan, kulit singkong, atau daun polong-polongan masih muda. Untuk mengusir masuk angin, banyak cara yang bisa ditempuh peternak. Mulai dari disedot dari dubur hingga dioles obat gosok.

Namun, ada juga peternak yang memberikan 1 sendok makan minyak tawon dicampur sedikit air lalu diminumkan ke kambing. Hanya dalam hitungan jam gas karbondioksida, methan, dan nitrogen yang terdapat di lambung langsung keluar.

Koreng pada kambing

Koreng atau orf (scabby mouth) penyakit kulit akibat virus. Ia sering menyerang bagian bibir atau telinga kambing. Celakanya, penyakit itu cepat sekali menyebar. Sang pemilik kambing sakit pun bisa tertular.

Cara sederhana untuk mengatasi koreng pada kambing adalah dengan memanfaatkan kunyit dan pinang.

Kunyit dan pinang bersifat antibakteri dicampur kapur sirih yang bersifat cauterisasi (membakar). Campuran berbentuk pasta (2:2:2) itu dioleskan 3 kali per hari, selang 2 hari di atas permukaan koreng sampai sembuh.

Kambing cacingan

Peternak kerap menemui kambing di kandangnya tetap kurus, padahal diketahui makannya pun banyak. Jika menemui kambing seperti itu, patut diduga ia cacingan. Obat cacing banyak dijual di pasaran.

Namun, harganya, terutama yang impor, mahal. Ada cara mudah dan murah untuk pengobatannya. Berikan 5–10 gram buah pinang (jambe) yang dihaluskan terlebih dulu. Lalu campurkan dengan pakan. Sebelum diberikan, kambing dipuasakan dulu selama 12 jam. Tunggu 5 jam, biasanya cacing akan keluar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img