Saturday, June 22, 2024

Cara Buat Teh Celup Rosela

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Bunga rosela biasa dijadikan sebagai teh herba. Teh rosela mempunyai beragam khasiat, di antaranya mampu meredam batuk, mempermudah buang air kecil, melunakkan kotoran (feces), pendingin tubuh, antiscorbutic, antidiabetes, antikolesterol, antibakteri, mencegah keropos tulang, mengurangi derajat viskositas (kekentalan) darah, dan menurunkan hipertensi.

Lalu, apa sebenarnya kandungan di dalam rosela sehingga membuatnya berkhasiat bagi kesehatan? Tanaman bernama latin Hibiscus sabdariffa itu mengandung banyak nutrisi. Bunga rosela juga tercatat mengandung berbagai vitamin (A, B1, B2, B3, dan C), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium (potasium), dan natrium (sodium).

Mengingat kaya sekali khasiat bunga rosela itu, pekebun bisa mengolah rosela menjadi teh herbal celup siap konsumsi. Caranya cuci kelopak hasil panen dengan air bersih. Belah kelopak rosela dan keluarkan bijinya.

Tempatkan kelopak yang telah dikupas di nampan atau alas yang bersih, lalu keringanginkan selama kurang lebih sehari hingga layu. Kemudian masukkan kelopak rosela ke dalam oven hingga temperatur maksimal 80°C selama 45 menit.

Keluarkan rosela dari oven lalu tiriskan hingga dingin. Periksa tingkat kekeringan dengan meremasnya. Jika kelopak tidak hancur, berarti rosela belum kering. Oleh sebab itu, masukkan kembali rosela ke dalam oven dengan suhu dan waktu sama.

Setelah pengeringan kedua selesai, periksa kembali dengan cara sama. Jika sudah hancur, berarti rosela sudah benar-benar kering dan siap olah. Masukkan rosela kering ke dalam mesin penghancur sehingga berbentuk serbuk.

Setelah digiling, keringkan kembali serbuk rosela dengan suhu 70°C selama 3 jam untuk menghilangkan kadar air akibat lembap saat disimpan. Agar serbuk rosela tahan lama, kadar air maksimal 4%.

Kemas serbuk rosela ke dalam kantong celup masing-masing berisi 2,5 g serbuk rosela. Agar higienis, masukkan setiap kantong celup ke dalam plastik berukuran 5 cm × 7 cm, lalu rekatkan hingga kedap. Kemas kantong-kantong rosela celup ke dalam kotak karton. Rosela celup pun siap dinikmati sendiri atau bisa juga dijual ke konsumen.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img