Thursday, June 13, 2024

Cara Jitu Membungakan Dafodil si Trompet Elok

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Kediaman Ida Amal di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, sejatinya relatif panas. Suhu pada siang hari rata-rata 32–33°C, sedangkan pada malam 24–26°C. Namun, Ida Amal mampu membungakan tanaman hias subtropis bernama dafodil Narcissus sp.

Sejak menanam umbi dafodil dari Jerman pada 8 Maret 2020, ia tiga kali membungakan dafodil di dak rumahnya. Jadi, berbunganya dafodil itu bukan kebetulan belaka. Begini cara Ida membungakan dafodil.

Media tanam

Siapkan media tanam campuran kompos daun dan pasir dengan perbandingan 1:1, aduk hingga rata. Saat mengaduk media, tambahkan air agar media lembap, tapi tidak terlalu basah kuyup. Letakkan media itu di karung, ikat dan biarkan sampai akan digunakan.

Penanaman

Masukkan media tanam ke pot hingga setengah. Tanam umbi dafodil, lalu tambahkan media tanam lagi hingga menutup semua bagian umbi kurang lebih 1 jari dari permukaan. Siram media tanam sampai basah dan tiriskan.

Proses adaptasi

Setelah tiris, bungkus pot dengan plastik dan masukkan ke kulkas hingga tumbuh tunas. Setiap hari keluarkan pot sejenak dan siram media dengan penyemprot ber-nozel kecil. Umbi bertunas setelah 20 hari di dalam kulkas.

Jemur

Setelah tumbuh tunas, keluarkan pot dari kulkas dan jemur setiap pagi pada pukul 06:00–11:00. Sebelum penjemuran, siram media hingga basah. Lakukan itu berulang-ulang. Setelah penjemuran dan media tiris, masukkan kembali ke kulkas.

Berbunga

Pada hari ke-60 dafodil akan memamerkan bunganya yang elok. Kini, saatnya memanggil handai taulan untuk menyaksikan keindahan dafodil. Sesekali boleh juga “narsis” di dekat kuntum Narcissius sp.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi  Gelar Tanam Pohon Serentak di 18 Provinsi

Trubus.id—Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi (KFLHK) yakni Perhimpunan Filantropi Indonesia, Dompet Dhuafa, Belantara Foundation, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV),...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img