Thursday, February 9, 2023

Cara Sukses Pemijahan Gabus Hias

Rekomendasi

Trubus.id — Pemijahan gabus hias terbilang gampang-gampang susah. Meskipun begitu, jika sudah tahu cara menangkarkan dan berhasil, pundi-pundi rupiah akan didapatkan.

Contoh saja, Ali Abdul Latif, pehobi gabus hias di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang bisa menjual rata-rata 5.000 burayak gabus hias dalam sebulan. Ali menetapkan harga Rp5.000–Rp10.000 per ekor bergantung pada jenis gabus hias.

Beragam jenis gabus hias yang ia tangkarkan di antaranya Channa pulchra, C. asiatica, C. andrao, dan C. stewartii. Ukuran burayak 2–3 cm. Jika harga rata-rata Rp5.000 per ekor, omzet Ali Rp25 juta per bulan.

Menurut Ali, keempat jenis gabus hias itu mudah ditangkarkan. Harga gabus hias fluktuatif. Saat ini jenis gabus hias dengan harga stabil adalah Channa pulchra. Ali menjual burayak channa pulchra ukuran 2–3 cm per ekor Rp7.000 per ekor.

“Itu harga kalau ambil partai besar 500–1.000 ekor,” kata Ali.

Ia memprediksi 3–5 bulan ke depan harga Channa pulchra masih stabil. Jumlah indukan 15 pasang. Biaya pakan gabus hias cukup ekonomis. Ia mengeluarkan Rp500.000 untuk biaya pakan setiap bulan.

Ali memberikan pakan jangkrik, cacing tanah, dan udang. Ketiga pakan itu dipilih agar gabus hias produktif bertelur. Sementara itu, udang untuk mencerahkan warna gabus hias. Tentu saja, pria berusia 33 tahun itu sempat mengalami kegagalan menangkarkan gabus.

Menurut Ali, fase tersulit budidaya adalah saat proses penjodohan gabus hias. Hal ini karena gabus merupakan ikan yang fanatik mempertahankan teritorialnya. Kerap kali sepasang ikan yang dijodohkan itu terluka, bahkan mati akibat perkelahian. Artinya, Ali harus merelakan seekor indukan seharga Rp250.000 mati akibat kegagalan penjodohan.

“Sampai sekarang pun masih ada kegagalan seperti itu,” kata Ali.

Namun, Ali tetap belajar dari kegagalan untuk meminimalkan risiko perkelahian saat penjodohan. Berikut kiat pemijahan gabus hias yang disarankan Ali.

  1. Pilihlah induk gabus hias berkualitas minimal umur 1 tahun.
  2. Sekat terlebih dahulu akuarium saat proses penjodohan.
  3. Pastikan kondisi air bagus, suhu 25–27°C agar ikan nyaman.
  4. Beri pakan jangkrik agar ikan produktif bertelur.
  5. Pisahkan induk dengan telurnya.
  6. Beri artemia atau kutu air sebagai pakan burayak.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img