Thursday, August 11, 2022

Cattleya Mini Generasi Baru Rajin Berbunga

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Bukan hanya itu, ia juga rajin berbunga, 4 kali setahun. Biasanya 1—2 kali setahun. Menurut Ferdinand, pemilik Himawan Orchid, sifat unggul cattleya tipe mini dan medium muncul dari kombinasi sifat terbaik generasi sebelumnya. Diduga indukannya genera Laelia alias cattleya berdaun 2 yang dapat berbunga 4 kali setahun.

Hibrida itu terus disilangkan dengan genera lain seperti Brassavola dan Sophronites yang terkenal indah. Hasilnya, ratu cantik yang gemar berbunga.

Hknsa. Sogo doll “little angel” AM/OSROC

Inilah cattleya terbaik di kelas mini. Ia jawara lomba anggrek di Yogyakarta 14 Agustus 2004. Tinggi tanaman hanya sejengkal, tetapi dapat menghasilkan 2—4 tangkai bunga. Satu tangkai jumlahnya lebih dari 4 kuntum. Ia kian cantik karena kuntum tersusun rapi mengelilingi tangkai bunga. Sogo doll rajin mengeluarkan tunas baru. Warna bunga unik, kombinasi kuning, merah marun, dan pink. Itu jarang ditemukan pada cattleya mini yang lain. Ia kian sempurna lantaran bunga berdiameter 6 cm itu bentuknya hampir bulat.

Blc. Interglossa x tzeng wen beauty

Dialah sang ratu yang langka. Konon, di Indonesia baru 1 orang yang memilikinya. Ia menawan karena corak warna manis, dasar ungu muda bersplash kuning muda dan ungu tua. Lantaran itu turunan tzeng wen beauty—yang dikenal rajin berbunga—itu menyabet juara 3 di ajang yang sama. Padahal, itu baru bunga pertama yang muncul. Harap mafhum, sangat jarang bunga pertama di cattleya tampil maksimal. Sayang, bunga mini berdiameter kurang dari 7 cm itu tipis. Bentuknya juga semi star dan bertangkai pendek.

Blc. Bob pusavat “Orchiss”

Bob pusavat tergolong ratu berukuran medium dengan diameter bunga 10 cm. Induknya Lc. puppy love—jenis cattleya rajin berbunga, tangkai panjang, dan kokoh— banyak dipakai oleh penganggrek Amerika sebagai induk silangan. Lantaran itu bob pusavat mampu berbunga puluhan kuntum bila tanaman sudah berbentuk rumpun.

C. Monte elegance

Luar biasa, pertama kali berbunga sudah mempunyai 5 kuntum. Ia disukai lantaran berbunga tebal dan tahan lama. Itu karena monte elegance turunan penny kuroda yang terkenal berbunga tebal. Coraknya juga baru untuk cattleya mini berdiameter 6 cm. Splash ungu pada petal dan totol-totol di sepalnya. Monte elegance bisa menghasilkan ratusan kuntum bunga apabila tanaman sudah berumpun. Jumlahnya di Indonesia baru 2 pohon.

Blc. (Colorama x tzeng wen beauty) “Orchiss”

Silangan baru dari Taiwan itu unik karena warna tua berkombinasi splash kuning cerah di kedua petalnya. Bunganya berukuran 10 cm, ditopang tangkai bunga yang panjang dan kokoh. Tanaman sangat rajin berbunga dan mudah tumbuh. Setiap tunas menghasilkan minimum 2 kuntum per tangkai.

Blc. (Edgard van belle/ intermedia x magic meadow) “Orchiss”

Cattleya itu paling banyak diburu kolektor. Bunga unik dengan sepal hijau, dipadu splash hijau kuning dan merah ungu. Diameter bunga 7 cm. Sosok pendek, tetapi dapat menghasilkan lebih dari satu tangkai yang digelayuti 3—4 kuntum bunga. Sanggup bertahan hingga 3 minggu lantaran tebal, seperti dilapisi lilin.

Blc. (Mary’s song x tzeng wen beauty) “Orchiss”

Bagi hobiis gaek, nama kedua induk cattleya itu pasti tidak asing lagi lantaran keduanya unggul. Warnanya indah dan cantik, merah marun tua—hampir hitam— dengan splash kuning tua cerah. Tangkai kokoh sehingga penampilan terkesan gagah. Bunga berdiameter 10 cm itu cocok dijadikan induk silangan anggrek generasi berikut. Pasalnya, kombinasi warna kuat dan rapi, bunga tahan lama dengan bentuk nyaris sempurna, dan rajin berbunga.

Blc. Waianae leopard “melody point”

Cattleya mirip macan tutul itu berwarna dasar kuning krem ditaburi totol-totol merah marun tua. Ia lebih gagah dibanding generasi sebelumnya, penny kuroda. Bunga berdiameter 10 cm itu tebal sehingga tahan hingga 3 minggu. Leopard pantas menjadi indukan untuk menghasilkan warna baru bertotol. (Destika Cahyana)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img