Sunday, November 27, 2022

Cegah Kematian Lele

Rekomendasi

 

dimasjati@yahoo.com
  1. Secara umum, ukuran bibit dan padat tebar sudah ideal. Ketinggian air juga memadai. Biasanya di awal pemeliharaan ketinggian air cukup 15 cm dan terus ditinggikan secara bertahap 70—100 cm seiring pertumbuhan ikan.
  2. Kematian bisa terjadi lantaran bibit yang dibeli tidak dalam kondisi prima akibat penyakit atau luka karena penanganan pengepakan dan transportasi yang kurang baik. Itu bisa diatasi dengan merendam bibit dalam larutan kalium permanganat KMnO4 35 g/m3 selama 24 jam sebelum tebar.
  3. Penyebab lain kematian bibit biasanya karena ketidakcocokan pakan. Itu termasuk takaran, ukuran butiran, dan jenis pakan yang diberikan. Ukuran butir pakan bervariasi mulai dari bentuk tepung, pelet berdiameter 1 mm, 2 mm, sampai 3 mm. Pelet ukuran 3 mm diberikan pada lele 1—2 minggu siap panen. Jumlah yang diberikan sebaiknya tidak melebihi 3,5% bobot ikan/hari. Jika berlebih pakan membusuk di dasar kolam dan mengeluarkan amonia. Kalau endapan itu teraduk dan naik, ikan tidak bisa bernapas dan akhirnya mati keracunan amonia.
  4. Jika semuanya sudah sesuai, tapi masih ada kematian, coba tutup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img