Tuesday, November 29, 2022

Cenderamata di Sebuah Guci

Rekomendasi

Ratusan dendrobium membanjiri setiap kios pasar tanaman hias di bilangan XinYi Sec 4, Taipei. Semuanya memamerkan beragam corak dan warna. Merah dan putih mendominasi. Lihat saja 10 tangkai dendrobium tipe sonia sepanjang 40-50 cm, tampak semarak berselimut bunga. Penampilannya sungguh cantik.

Pemandangan serupa Trubustemukan di pusat tanaman hias Neihu, Taipei. Namun, keberadaan dendrobium agak tertutupi oleh maraknya phalaenopsis. Saat Trubusberkunjung ke sana pada awal November, hampir semua tanaman mengeluarkan bunga. Maklum di negara berbentuk daun teh itu dendrobium sonia tak pernah berhenti berbunga. Begitu pula dendrobium nobile, yang tak mau kalah mengeluarkan bunga.

Supaya penampilan tanaman kian glamor anggrek-anggrek itu dirangkai dalam pot keramik. Sehelai pita mempercantik penampilan sehingga cocok sebagai bingkisan di hari istimewa. ‘Bagi masyarakat Taiwan bingkisan tanaman lebih berharga ketimbang makanan atau barang,’ ujar Charlot Teng, kolektor tanaman hias di Taipei yang menemani Trubus.

Bingkisan

Lazimnya di tanah air, dendrobium tipe sonia atau phalaenopsis hanya dijadikan bunga potong. Paling banter sebagai tanaman pot penghias teras. Namun, di Taiwan anggrek itu disulap menjadi rangkaian eksklusif. Dengan begitu harga tanaman pun terdongkrak. Sebuah rangkaian dendrobium terdiri dari 10-12 tanaman dibandrol Rp400.000-Rp500.000. Sementara untuk sepot dendrobium tipe phalaenopsis dijual Rp30.000-Rp45.000.

Toh, untuk membuat parcel dendrobium relatif gampang dan sederhana. Dendrobium bertangkai panjang dan sarat bunga menjadi bahan rangkaian. Tanaman dibesarkan dahulu di pot atau tray. Setelah tinggi batang 20-30 cm dan mengeluarkan tangkai setinggi 40 cm tanaman dipindahkan ke pot besar sebagai bingkisan.

Perangkai di Taiwan menggunakan guci keramik tinggi sehingga terkesan megah. Sebuah pot biasanya diisi 4-6 tangkai. Ada pula yang memanfaatkan pot keramik bulat sebagai wadah. Untuk pot bulat berdiameter 25-30 cm bisa diisi 10-12 tanaman.

Diberi lumut

Pekebun di Taiwan menggunakan media sphagnum moss supaya tanaman tampil prima dan tahan lama. Media itu disusun sedemikian rupa sehingga terlihat padat. Tanaman ditata melingkar atau berbaris. Pita berukuran besar dililitkan pada pot atau tanaman sebagai pemanis.

Supaya terkesan alami pekebun menambahkan lumut. Lumut itu ditata memenuhi permukaan atas pot. Selain mempercantik penampilan, lumut itu juga berfungsi menjaga kelembapan media. Namun, saat musim kemarau lumut mudah kering sehingga harus disiram. (Bertha Hapsari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mencetak Petani Milenial, untuk Mengimbangi Perkembangan Pertanian Modern

Trubus.id — Perkembangan pertanian modern di Indonesia harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dalam hal ini...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img