Monday, November 28, 2022

Citarasa Unik Citrus Baru

Rekomendasi
Sweet orange paduan jeruk manis dengan pomelo
Sweet orange paduan jeruk manis dengan pomelo

Daging merah dan rasa manis ciri khas sweet orange.

Foto buah jeruk berdaging merah itu menggantung di batang bibit setinggi 40 cm. Rudy Harianto terpikat. Ia memang belum bisa mencicip rasanya, tapi pengelola Bunder Hortikultura itu tidak berpikir panjang untuk segera memilikinya. Ia membeli sebuah bibit sweet orange-nama jeruk manis itu-kemudian menanamnya di kebun di Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dalam waktu 1, 5 tahun jeruk setinggi 80 cm itu berbunga.

Dari belasan buah, hanya dua buah yang dipertahankan. Bobot buah kian berat membuat dahan merunduk. Agar tidak patah, Rudy menopangnya dengan sebilah bambu. Setelah 9 bulan, kulit buah berukuran 10 dan 12 cm itu berubah jadi kuning hijau tanda matang. Ia pun memanen lalu membelah buah, terhidanglah daging buah merah nan eksotis. Pekebun itu mengiris-iris dan memasukkannya ke mulut sehingga terasa airnya banyak dan manis segar.

Ukuran superjumbo, bobot mencapai 1 kg
Ukuran superjumbo, bobot mencapai 1 kg

Mirip valencia

Menurut Rudy, “Dagingnya merah seperti jeruk bali merah. Pokoknya seperti makan jeruk manis, dengan aroma pomelo,” ujar alumnus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya itu. Ia menduga jeruk itu hasil persilangan pomelo dengan jeruk manis. Di Indonesia, pomelo daging merah yang terkenal ialah jeruk nambangan.

Adi Mulyanto SP, teknisi di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) di Tlekung, Malang, Jawa Timur, mengungkapkan di kebun ada 2 jeruk berdaging merah, yakni robinson dan sweet orange. Lembaga itu mengoleksi keduanya lebih 15 tahun silam. Batangnya pun cukup besar dengan tinggi mencapai 2 m.

Robinson merupakan jeruk mandarin alias jeruk keprok, sedangkan sweet orange tergolong jeruk manis mirip jeruk pacitan atau jeruk baby valencia, tetapi daging berwarna kemerahan.

Liliana Hendrarko: “Rasanya jeruk nipis tapi ukuran superjumbo”
Liliana Hendrarko: “Rasanya jeruk nipis tapi ukuran superjumbo”

Jeruk manis itu serupa dengan koleksi Bunder Hortikultura. Rudy menanam jeruk sweet orange di pot berdiameter 40 cm. Perawatan si merah sama seperti jeruk lain koleksinya. Pria kelahiran Malang 40 tahun silam itu menggunakan campuran media tanam, tanah 2 bagian; pupuk kandang kotoran kambing fermentasi 1 bagian, sekam mentah 2 bagian, dan 2 sendok arang bubuk untuk meningkatkan daya mengikat hara. Penyiraman setiap 1-2 hari, tergantung kondisi tanah.

Saat perangsangan berbuah, tanaman perlu 5-7 hari kering. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Rudy memberi pupuk NPK 15: 9: 21. Tanaman bebas dari hama aphids yang kerap menyerang jeruk serta penyakit Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD). Dengan perawatan itu sweet orange rajin berbuah. Setelah Rudy memanen buah pada April 2014, tanaman kembali berbuah pada Juli 2014. Tanaman anggota famili Rutaceae itu berbuah relatif tanpa musim.

Penampang buah nipis superjumbo
Penampang buah nipis superjumbo

Ketinggian tempat mempengaruhi warna kulit buah jeruk. Oleh karena itu Rudy juga menanam jeruk sweet orange di kebunnya yang berketinggian 800 m di atas permukaan laut. “Warna kulitnya hijau kalau tumbuh di dataran rendah menengah. Di daerah lebih tinggi kulitnya berwarna kuning-jingga,” ujar ayah satu putra itu. Selain sweet orange Rudy juga menanam beberapa jeruk baru seperti nipis superjumbo, somka, dan eureka di kebun yang sama.

Nipis super jumbo

Trubus menemukan jeruk nipis superjumbo itu di gerai Bunder Hortikultura di Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan XII di Malang. Bentuknya yang luar biasa besar, bobot 7-8 per buah, segera menyita perhatian. Ia 5 kali lebih besar daripada jeruk nipis variegata yang dipajang bersama. Sebenarnya sebutan jeruk nipis kurang pas. Sebab, ukurannya lebih besar daripada 2 kepalan tangan. Padahal, jeruk nipis lazimnya hanya sebesar bola pingpong.

Eureka, jeruk asli Amerika
Eureka, jeruk asli Amerika

Menurut peneliti plasma nutfah jeruk dan subtropika, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Ir Emi Budiyati, jeruk nipis superjumbo itu masih tergolong Citrus aurantifolia ‘Swingle’. Ia masih termasuk jeruk nipis. Rasanya asam. Ada 2 jenis yang dikoleksi Balitjestro, kulit licin dan kulit berkerut. Khusus jenis berkerut, “Kerutan akan berkurang bila ukuran buah mencapai maksimal,” tutur Emi.

Citarasa superjumbo memang mirip jeruk nipis. Kita bisa memeras menambahkan gula dan es batu menjadi minuman segar. Dr Hendrarko, pemilik Bunder Hortikultura, memperoleh jeruk superjumbo di Australia 2 tahun silam. Ia menanam dan merawat superjumbo sama dengan jeruk sweet orange.

Somka, jeruk manis berdaging jingga
Somka, jeruk manis berdaging jingga

Jeruk baru lainnya ialah somka yang juga tergolong lemon. Buahnya cukup besar 10-12 cm. Kulitnya hijau dan melekat dengan daging berwarna hijau. Untuk mengonsumsinya, kita memelah buah dan tampaklah daging berwarna merah jingga. Airnya cukup banyak sehingga menyegarkan. Rasanya manis dengan aroma pomelo cukup kental. Hendrarko memperoleh somka pada 2 tahun silam dari pekebun asal Thailand di Indonesia.

Menurut Eddy Soesanto, pemilik nurseri Tebuwulung di Bogor, Jawa Barat, di dataran rendah, warna daging jeruk somka kuning. Jeruk itu produktif berberbuah, meski pehobi menanamnya di pot 30 cm. Penanaman di tanah, menyebabkan somka terkesan jangkung, tingginya mencapai 3-4 m dan lebih produktif. Jeruk baru lainnya adalah eureka tergolong jenis lemon asli di Amerika Serikat. Namun, Dr Hendrarko mendapatkan jeruk eureka dari Australia 2,5 tahun silam. Ia mendapatkan dalam bentuk entres sepanjang 15 cm yang kemudian disambung dengan jeruk lokal.

Eureka, tahan 1 bulan dan kulit makin kuning
Eureka, tahan 1 bulan dan kulit makin kuning

Setelah 2 tahun, pohon jeruk itu berbunga dan berbuah. Lantaran ukurannya cukup besar, sehingga ia hanya membatasi 5-7 buah per tanaman agar pertumbuhan cabang kuat. Hendrarko memanen buah 8-9 bulan sejak munculnya bunga. Ukuran buah 10-20 cm, warna kekuning-kuningan. Yang menarik, semakin lama disimpan, warna kulit semakin kuning. Ciri khas lain eureka ialah ujung buah lancip, seperti nipple. Namun, itu hanya terjadi bila ukuran buah kecil hingga normal (10 cm). Bila ukurannya mencapai 15 cm atau lebih, maka bentuknya bulat, tidak runcing di ujungnya.

Jeruk eureka tergolong lemon sehingga nikmat dijadikan jus. Jeruk eureka berbuah tanpa musim. Untuk merangsang pembuahan, Hendrarko membuat tanaman stres dengan menghentikan penyiraman 5-7 hari. Setelah daun gugur, segera ia memberikan pupuk NPK dengan kadar fosfor dan kalium tinggi. Setelah 2-3 pekan, bunga pun mulai terbentuk yang akan jadi buah 8-9 bulan kemudian. (Syah Angkasa)

Previous articleLahir Gandum Tropis
Next articlePucuk Generasi Penerus
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img