Monday, July 15, 2024

Cuan Besar Pasar Sansevieria

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Ceruk pasar sansevieria di mancanegara terbuka lebar. Itulah yang membuat Aldy Ridwan memilih bisnis tanaman sansevieria. Saban bulan ia mengirim 3.500—6.000 sansevieria ke pasar di Benua Eropa.

Negara tujuan meliputi Rusia, Ukraina, dan Jerman. Harga jual ke pasar mancanegara cenderung lebih tinggi yakni US$4—US$5 per tanaman.

Bahkan ada jenis tertentu dengan karakter tanaman unggul berharga US$1.000.  Contoh Sansevieria pinguicula dan Sansevieria rorida. Bandingkan dengan harga pasar lokal hanya Rp25.000 per tanaman.

Aldy juga menggarap pasar Asia. Negara tujuan ekspor meliputi Tiongkok, Thailand, dan Jepang. Jumlah pengiriman tidak menentu, tetapi harga jual sama seperti pasar Eropa yakni US$4—US$5 per tanaman.

Penjualan di pasar lokal juga tidak kalah menarik. Penangkar dan pebisnis sansevieria di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, itu menjual 6.000—7.000 tanaman di pasar lokal saban bulan.

Aldy memperbanyak sansevieria menggunakan setek daun. Setiap hari ia memproduksi ratusan tanaman baru. Namun jumlah itu masih kurang. Kapasitas produksi Aldy baru memenuhi 40% dari total permintaan. Siasanya ia peroleh dari petani lokal di Pulau Jawa.

Konsumen pasar lokal yakni pengecer di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Total jenderal Aldy meraup omzet ratusan juta rupiah dari hasil perniagaan sansevieria per dua bulan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img