Thursday, August 11, 2022

Dari Amerika Selatan, Perawat Diabetesi

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Dorkas Kurdi menyibak dedaunan mirip daun anggrek tanah Spattoglotis sp itu. Lalu mengorek tanah di dekat pangkal batang. Setelah tanah terbongkar, perempuan itu mencabut tanaman dengan menarik daunnya. Dorkas Kurdi lantas menunjukkan umbi berwarna merah tua yang semua tersembunyi di bawah tanah di pekarangan rumah panggungnya itu. “Ini bawang dayak,” kata Dorkas saat ditemui di kediamannya di Desa Tanjunglapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, pada Januari 2002.
Nama itu terdengar eksotis, seeksotis sosok keseluruhan tanaman yang menurut Dorkas andal menggempur kanker. Umbi tanaman asal Amerika Selatan itu berwarna merah dan berlapis-lapis, seperti bawang merah, meski bawang dayak bukan anggota keluarga Liliaceae atau bawang-bawangan. Bagian tanaman itulah yang berkhasiat obat.

Bukti empiris dan riset terkini menunjukkan bawang dayak Eleutherine americana sebagai penurun kadar gula darah penderita diabetes mellitus, bahkan mereka yang bergantung pada suntik insulin. Majalah ini pernah menurunkan tulisan tentang khasiat itu pada edisi September 2012. Hampir setahun berlalu kian banyak diabetesi melaporkan konsumsi bawang berlian membuat frekuensi suntik insulin berkurang, bahkan tidak perlu lagi sama sekali.

Pembaca terhormat, menyikapi fenomena itu maka pada edisi ini kami kembali menurunkan ulasan tentang kesahihan bawang dayak mengontrol kadar gula darah itu dilengkapi riset terbaru dari berbagai lembaga  yang menegaskan bawang sabrang bersifat hipoglikemik. Selain itu ada artikel tentang cara aman konsumsi bawang berlian dan pendapat para dokter tentang khasiat bawang berlian. Laporan utama itu disandingkan dengan liputan khusus ke ajang pameran ikan hias dunia dua tahunan di Singapura, Aquarama 2013. Di ajang itulah tren ikan hias tanahair ikut ditentukan.

Tak lupa sajian tentang bedah investasi jabon yang kini tengah marak di berbagai daerah. Harapan kami, Anda yang tertarik untuk berinvestasi dapat mencermati dengan baik sebelum memutuskan. Untuk itu selamat membaca.***

Salam,

Evy Syariefa

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img