Monday, July 15, 2024

David Beckham Berkebun Daun Bawang, Ini Langkah Mudah Menanam di Lahan Terbatas

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Unggahan David Joseph Beckham pada laman instagram miliknya menyita perhatian warganet. Pasalnya mantan pemain sepak bola asal Inggirs itu memamerkan hobi berkebun. Pada salah satu unggahan di akun instagram davidbeckham itu, telihat ia tengah memanen daun bawang.

“Sepertinya Victoria Beckham punya beberapa daun bawang untuk makan siang dan malam selama beberapa minggu ke depan,” tulis David.

Daun bawang salah satu komoditas hortikultura yang dapat dibudidayakan di lahan sempit. Tanaman herba semusim itu berwarna hijau muda. Anda dapat menanam jenis seperti bawang prei, kucai, dan bawang semprong atau bawang bakung.

Untuk menanam seperti jenis bawang daun Anda dapat menyiapkan benih baik dari biji atau dari tunas anakan  (setek tunas) hasil perbanyakan tanaman. Cara memeroleh setek tunas yakni dengan memisahkan anakan dari induknya.

Pilih indukan dengan pertumbuhan yang sehat dan bagus. Tanaman tidak kurus, tumbuh subur, serta tidak terserang hama dan penyakit. Untuk areal penanaman 100 m2 Anda membutuhkan 2.000 setek tunas bawang daun atau 20 g benih.

Penanaman dengan setek tunas langsung di lahan. Sementara dengan benih mesti melalui persemaian. Berikut langkah budidaya bawang daun di lahan sempit.

Tanam Mudah di Lahan Sempit

  1. Cangkul lahan hingga 30 cm. Buat bedengan dengan lebar 1 m dan tinggi 30 cm sementara panjang menyesuaikan. Jarak antarbedengan sekitar 30 cm.
  2. Campur tanah pada bedengan dengan pupuk kandang. Pada lahan 100 m2 membutuhkan 1 kuintal pupuk kandang yang kering dan tidak berbau. Anda juga dapat menutupi bedengan dengan mulsa plastik.
  3. Jarak tanam bawang daun 20 cm x 25 cm.
  4. Tanam bibit atau setek tunas yang telah disiapkan. Penanaman menggunakan setek tunas, perakaran harus dikurangi terlebih dahulu. Selain itu, daun dipotong sebagian untuk mengurangi penguapan. Saat menanam upayakan posisi tanaman tegak lurus. Padatkan urugan tanah agar perakaran kuat.
  5. Lakukan penyiraman agar tanaman tidak layu.
  6. Penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan dapat dilakukan sekaligus dengan mencangkul bedengan. Setelah dicangkul rumput-umput akan terangkat ke permukaan tanah, memudahkan untuk diambil.
  7. Pemupukan dilakukan tiga pekan setelah tanam. Dosis pupuk untuk lahan 100 m2 sebanyak 2 kg pupuk Urea. Setelah tanaman 1,5 bulan lakukan pemupukan kedua dengan dosis Urea 1 kg.
  8. Tanaman bawang daun siap dipanen sekitar dua bulan setelah tanam. Cirinya bawang daun memiliki 7—10 anakan dan beberapa daun mulai menguning. Cara panen bawang daun cabut semua bagian tanaman. Jika anakannya akan digunakan untuk bibit maka sebagian anakan disisakan di lahan.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img