Sunday, August 14, 2022

Delapan Tersisa dari Gerilya

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Mbah Bladu dan Mbah Sempursari dikenal sebagai orang pertama yang membuka hutan untuk pemukiman di Kasembon. Bibit durian yang dibawa dari Jawa Tengah ditanam. Kini hutan di kecamatan seluas 55,17 km2 itu banyak ditumbuhi durian. Pantas dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang Kasembon populer sebagai sentra durian rakyat. Raja buah itu tumbuh dari biji dan diwariskan turun-temurun. Mirip dengan sentra durian di Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah.

Menurut Prof Ir Sumeru Ashari Magr Sc PhD, pakar hortikultura dari Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang, wilayah Kasembon memang kaya plasma nuftah durian unggul lokal. Namun, hingga saat ini belum teridentifikasi jenis yang layak dikembangkan. Keunggulan lokal hanya berdasarkan cerita dari mulut ke mulut. Akibatnya, kemasyhuran sebuah kultivar menjadi tak jelas.

Baru pada awal 2008, dilakukan seleksi durian di 3 desa – Wonoagung, Slatri, dan Pait – untuk mencari durian unggul. Sebagai pembanding disebarkan foto monthong dan chanee ke pemilik pohon di 3 desa tersebut. Monthong dipilih karena sosoknya besar, daging buah tebal, dan berbiji kempes. Sifat chanee yang menonjol ialah warna kuning daging buah yang menarik.

Delapan kultivar

Selama 4 bulan minimal 3.000 pohon dan buah diamati. Ternyata terdapat 8 kultivar yang mempunyai ciri khas unggul: daging sedang hingga tebal, warna menarik, rasa manis hingga manis agak pahit, dan tahan lama. Karakter lain yang mendukung seperti tangkai buah panjang – mirip durian kanjau asal Thailand – pun ditemukan. Ada pula durian yang berdaging renyah seperti salak dan durian yang mampu berbuah sepanjang tahun.

Dari 8 kultivar itu terdapat 2 durian yang paling menonjol, yaitu jingga dan gunarti. Pohon jingga berumur 80 tahun. Daging buah jingga dengan rasa manis, jarang ditemukan pada Durio zibethiunus. Yang sudah dikenal sawah mas, simas, dan EM24, serta udang merah di Malaysia. Kerabat terdekat zibethinus yang berwarna mencolok Durio kutejensis. Sayang, rasa buah pada umumnya kurang lezat.

Durian gunarti menonjol karena mampu berbuah sepanjang musim. Itu karena buah dihasilkan dari penyerbukan bunga jantan dan betina dari 1 pohon. Artinya, meski ia berbunga di luar musim bunga, maka tetap terjadi penyerbukan. Pada durian lain, buah terbentuk dari bunga jantan pohon durian lain melalui bantuan kelelawar.

Sepuluh hari

Yang juga tak kalah menarik ialah durian bido. Ia istimewa karena buah tahan hingga 10 hari setelah petik. Pada durian lain hanya 3 – 4 hari. Bido yang baru matang pohon susah dibuka. Sifat itu memungkinkan bido dipasarkan jauh di luar sentra tanpa perlakuan bahan kimia. Buah tetap manis dan tak benyek meski disimpan lama dan kulit buah terbelah.

Dua durian lain diberi nama salak dan belimbing. Yang disebut pertama disebut durian salak karena daging buah putih dan kering. Bila digigit terdengar bunyi, ‘ kres, kres.’ Mirip kerenyahan salak. Sedangkan durian belimbing istimewa karena bagian yang dapat dimakan 37%. Padahal, bijinya tergolong besar.

Tiga yang terakhir ialah durian arab, kunir, dan slatri. Julukan arab disematkan karena durian itu banyak disukai mania keturunan Arab. Maklum, rasa arab manis agak pahit. Rasa durian slatri pun demikian. Rasa manis sedikit pahit itu disukai juga mania keturunan Tionghoa. Durian arab memiliki ciri khas bertangkai panjang, mencapai 8,75 – 10 cm, mirip kanjau asal Thailand.

Sedangkan durian kunir istimewa karena daging buah kuning seperti kunyit. Sayang, tekstur daging buah kasar dan agak berserat. Delapan durian itu kini menjadi kebanggaan masyarakat Kasembon, Kabupaten Malang. Pantas bila ucapan terima kasih diberikan pada Mbah Bladu dan Mbah Sempusari. (Lutfi Bansir, staf Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur dan mahasiswa pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img