Monday, November 28, 2022

Di Atas Ban Berjalan

Rekomendasi

 

Foto 2. Meja bergerak

Tanaman yang dipanggil bergerak di atas ban berjalan menuju ruang sortir.

Foto 3. Sortir awal

Tanaman disortir secara manual. Yang berbunga masuk ke dalam pot hitam yang dilengkapi chip khusus di atas ban berjalan. Chip itu berguna untuk menyimpan data tanaman ketika melalui alat pemindai. Tanaman belum berbunga kembali ke meja.

Foto 4. Dipindai

Dendrobium terseleksi bergerak menuju sebuah kotak hitam. Di kotak itu dilakukan proses pemindaian. Data tinggi tanaman, panjang tangkai, jumlah tangkai, warna bunga, jumlah bunga, dan jumlah bunga mekar direkam dalam chip. Lalu pot menuju lantai 2.

Foto 5. Dicek ulang

Di dekat ‘gerbang’ lantai 2, pot kembali berhenti. Itu untuk mengecek ulang data di dalam chip. Pengecekan memastikan tanaman masuk ke barisan tepat di lantai 2. Ada 80 baris beda spesifikasi.

Foto 6. Berhenti di baris tepat

Selepas pengecekan ulang, pot-pot kembali bergerak di ban berjalan. Dengan patuh mereka berhenti di depan barisan yang sesuai. Setiap baris berisi tanaman dengan spesifikasi sama. Misal dendrobium berbunga putih, tinggi 30 cm, panjang tangkai bunga 40 cm, jumlah bunga 20, jumlah bunga kuncup 8. Begitu tanaman berhenti, sebuah pengait menarik masuk ke dalam.

Foto 7. Gudang sementara

Di dalam barisan tanaman menunggu giliran untuk dikirim ke pelelangan.

Foto 8. Turun ke pengemasan

Setelah jumlahnya sesuai order konsumen, dari ‘gudang’ di lantai 2, pot-pot yang siap kirim turun menuju ruang pengemasan.

Foto 9. Siap ke pelelalangan

Pascakemas, pot ditata di dalam tray khusus. Lalu diletakkan di rak 2 tingkat siap diangkut ke pelelangan menggunakan truk khusus. (Evy Syariefa)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Membangun Rumah Walet agar Walet Mau Bersarang

Trubus.id — Rumah walet tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu riset khusus agar rumah itu nyaman ditempati walet. Mulai dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img