Monday, August 15, 2022

Diekstrak Lebih Untung

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Volume jahe merah yang dipanen Sri memang tidak banyak. Ia bersama warga RT IX Kelurahan Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, hanya menanam jahe merah itu di halaman rumah. ‘Tujuan utamanya untuk menghijaukan lingkungan, tapi kalau bisa menjadi tambahan pendapatan keluarga,’ kata Warga Sudirja, ketua Rukun Tetangga. Atas bimbingan Emy Sudaringsum, Sp-Kepala Seksi Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kramatjati-di bentuklah kelompok Segar Abadi untuk mengolah jehe merah itu.

Sri dan kelompoknya mengaku tidak sulit memasarkan ekstrak jahe. ‘Sudah banyak pesanan. Padahal, yang tahu baru seputaran RT IX,’ imbuh Ninik Suganda-ketua kelompok Segar Abadi itu. Menurut Sri-istri sekretaris RT IX-ada 2 manfaat sekaligus yang diperoleh dengan mengolah rimpang berasa pedas itu: pasar luas dan panen bertahap. Artinya lingkungan tetap hijau karena setiap hari paling hanya dipanen 3-5 polibag. Sementara jika dijual segar, tanaman harus langsung dipanen semuanya. Inilah cara kelompok Segar Abadi membuat ekstrak jahe. (Nesia Artdiyasa)

  1. Sebanyak 1 kg rimpang jahe merah segar dicuci kemudian dikerok kulit luarnya.
  2. Rimpang jahe diiris tipis kemudian dimasukkan ke dalam blender, atau bisa juga diparut.
  3. Tambahkan air secukupnya dalam blender agar jahe mudah hancur.
  4. Rebus rempah-rempah dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas, lalu air rebusan disaring. Rempah yang bisa ditambahkan adalah 5 lembar daun pandan, 5 sereh, 1 kayu manis, 20 cengkih, ? sdt adas, 7 buah kapulaga.
  5. Jahe yang telah dihaluskan ditambah setengah gelas air lalu diperas dan disaring untuk mendapat sarinya.
  6. Air perasan jahe yang sudah dicampur air rempah dipanaskan dan tambahkan 2 kg gula pasir.
  7. Setelah agak mengental, api dikecilkan.
  8. Aduk terus hingga mengkristal. Setelah mengkristal, api dimatikan tapi pengadukan terus berjalan sambil menghancurkan yang menggumpal.
  9. Dengan diayak, didapatlah bubuk halus jahe instan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img