Tuesday, November 29, 2022

Diperbanyak Jadi Mutasi

Rekomendasi

Penyebab mutasi bermula dari munculnya kelainan di jaringan sel tanaman. Jika bagian yang mengalami kelainan hanya sebagian (sektoral) maka dihasilkan tanaman berdaun merah dan hijau yang terpisah. Bila terjadi persis di titik tumbuh, menjadikan tanaman berubah total. Misal, bila sebelumnya hijau, maka tanaman baru itu jadi merah, kuning, atau paduan kedua warna.

Perubahan bentuk sering dialami aglaonema lantaran kerabat Araceae itu kerap diperbanyak secara vegetatif, yakni setek batang. Sel-sel mutasi yang sebelumnya dorman, terpicu bangun dan membentuk tunas yang mengalami penyimpangan. Perubahan sosok berupa warna, guratan daun, dan bentuk daun yang berlainan.

Saat ini donna carmen dan pride of sumatera kerap dijumpai bermutasi. Itu lantaran keduanya paling sering diperbanyak masyarakat. Toh tak semua donna carmen berpeluang mengalaminya. Hanya yang mewarisi ?darah? mutasi saja yang menjelma menjadi si cantik atau si buruk rupa.(Syah Angkasa)

Previous articleSuperred Anda Berdarah Murni?
Next articleBerkat Lumpur
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img