Thursday, July 25, 2024

Dua Bahan Alami Atasi Bau Kaki

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bau kaki kerap menganggu dan membuat tidak nyaman. Untuk menghilangkan bau itu, Anda dapat menggunakan kemangi. Ya, hasil riset  Risnayati menunjukkan ekstrak daun kemangi berpotensi menghilangkan bau kaki yang tertutup sepatu.

Hasil penelitian Periset di Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah, Medan, Sumatra Utara, itu menunjukkan ekstrak kemangi yang diformulasikan dalam sediaan foot spray dengan konsentrasi 25% memiliki aktivitas antibakteri hingga 14 mm.

Hasil uji pH juga stabil dan tidak mengalami iritasi pada kulit. Flavonoid, fenolik, saponin, tanin, dan terpenoid dalam kemangi berpotensi sebagai antibakteri.

Lain hal dengan Anita Ervina dan rekan dari  Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.  Para periset meneliti  formulasi foot spray anti bau kaki berbahan nano kitosan dari limbah industri udang.

Penelitian yang tercantum dalam Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan itu menyebut kitosan salah satu bahan alami yang berpotensi sebagai agen anti bau kaki. Tahapan penelitian itu terdiri dari pembuatan kitosan, nano kitosan, formulasi foot spray, uji sifat fisik, uji aktivitas antibakteri, uji stabilitas fisik, dan uji iritasi.

Anita dan rekan menggunakan metode gelasi ionik untuk membuat kitosan itu. Mereka melarutkan kitosan dengan akuades, TPP 0,1%, dan Tween 80 serta disizing.

Periset menggunakan kecepatan 23.000 rpm. Tujuannya untuk membentuk nanopartikel stabil. Hasil riset membuktikan bahwa konsentrasi nano kitosan 3.000 ppm berdaya hambat tertinggi yakni 5,20 mm terhadap S. epidermidis dan 3,15 terhadap Micrococcus sp.

Derajat keasaman, ukuran partikel, dan nilai sensori foot spray nano kitosan stabil dalam penyimpanan 8 minggu. Kemangi dan nano kitosan itu berpotensi menghilangkan bau kaki.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img