Friday, December 9, 2022

Duel Sesama Kohaku

Rekomendasi

Kemenangan itu sekaligus memupus harapan kohaku milik Budiono Gunawan menjadi terbaik pada The 1st Jakarta International Koi Show 2007.

Sang grand champion memang istimewa. Selain bentuk tubuh bak torpedo, corak warnanya pun terang. ‘Warna merahnya terlihat solid,’ kata Mikami. Kiwa-batas merah dan putih-yang tegas menjadi keistimewaan lain. ‘Meski belum dewasa tapi pattern-nya sudah tampak menonjol,’ ungkap Cheng Kwok Kwai, juri dari Indonesia.

Kohaku milik Budiono Gunawan yang jadi rival terberatnya kalah karena tubuhnya sedikit bengkok. ‘Kekurangan itu terlihat saat berenang,’ ujar Mikami. Batas kiwa koi sepanjang 78 cm itu juga tidak terlalu tajam. Agak samar,’ tambahnya. Sebab itu pula koi berumur 6 tahun itu hanya diganjar reserve grand champion.

Nongosanke

Selain perebutan gelar grand champion yang menyita banyak perhatian, pertarungan perebutan juara junior young champion A berlangsung seru. Taisho sanke milik Riwin Homan dari Surabaya didaulat menjadi juara setelah menumbangkan 139 pesaing. Pesaing kuat, juara best in size 31-35 cm dibuat tak berdaya. ‘Corak warna dan keseimbangan tubuh ikan juara sangat bagus,’ ujar Cheng Kwok Kwai.

Di lain kelas, berbekal warna solid, taisho sanke milik Budiono Gunawan dapat meraih gelar superior champion A. ‘Sumi dan warnanya bagus sekali,’ puji Cheng Kwok Kwai. Sumi atau bercak itu tampak rata menyebar di seluruh tubuh koi berukuran 75 cm itu. ‘Ke depannya, ikan ini calon kuat terbaik,’ tambahnya.

Kontes yang diadakan pada 28-30 September 2007 itu tak hanya diikuti peserta tanahair, tapi juga asing. Tercatat peserta asal China, Jepang, Malaysia, Thailand, bahkan Jerman dan Austria. ‘Ini sebuah kebanggaan,’ kata Husin Arief, ketua penyelenggara dari ZNA Jakarta chapter.

Yang tak kalah menarik, panitia menerapkan sistem lomba di Jepang yang memberi peluang kategori nongosanke mendapat gelar di kategori lainnya seperti superior champion B dan mature champion B. Selama ini penghargaan tertinggi kategori itu sebatas best in varieties. ‘Upaya ini dilakukan agar hobiis koi nongosanke mau ikut bertanding,’ kata Husin Arief. Terbukti selama lomba ada sekitar 361 koi nongosanke turun saling beradu cantik. (Kiki Rizkika).

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Keunggulan Kapal Canggih Penebar Pakan Ikan

Trubus.id — Kapal penebar pakan ikan bisa menjadi alternatif para pembudidaya yang memelihara ikan di tambak yang luas. Salah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img