Sunday, August 14, 2022

Dunia Mini di dalam Tangki

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Tangki terbentuk karena daun tegak lurus dan tersusun seperti mahkota yang kompak dan memanjang. Bagian bawah daun sangat rapat. Di bagian tengahnya ada cekungan yang selalu terisi air hujan. Di sanalah hidup jutaan mikroba seperti bakteri dan protozoa.

Hewan berukuran mikron itu sumber makanan bagi jentik nyamuk dan udang-udang mini yang hidup di tangki. Jentik nyamuk dan udang mini dimangsa salamander atau kecebong. Kecebong dimakan ular atau burung. Siklus rantai makanan itu berlangsung terus-menerus di bromeliad yang tumbuh di Venezuela itu. Pantas bila bromeliad dengan tangki air itu dijuluki sebagai dunia kecil.

Hectioides 1 dari 400 jenis bromeliad berbentuk tangki. Tangki bisa menampung air hujan dan serasah organik sebagai sumber air dan nutrisi bagi tanaman. Semua bromeliad bertangki tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Benua Amerika sebagai habitat aslinya.

Di alam, anggota famili Bromeliaceae itu menerima curah hujan dan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Lingkungan itu menyebabkan laju evapotranspirasi (penguapan dari permukaan benda dan tanaman, red) berlangsung cepat. Cadangan air di tengah daun membuat bromeliad bertangki terhindar dari kekeringan, terutama saat musim panas atau ketika hujan tak datang. Pada kondisi seperti itu, bromeliads yang tak memiliki tangki mungkin tak sanggup bertahan hidup.

Sumber nutrisi

Cadangan air dalam tangki juga membuat nutrisi terkumpul secara alami. Serasah daun, kotoran burung dan seranga terbang, serta partikel organik yang jatuh ke dalam tangki akan hancur menjadi nutrisi dan mineral yang larut dalam air. Nutrisi dan mineral diserap tanaman melalui trikoma yang terletak di daun.

Proses penyerapan makanan dari tangki sangat penting bagi bromeliads. Itu karena sebagian besar dari mereka tumbuh epifit pada batang pohon sehingga tak bisa menyerap nutrisi langsung dari tanah. Di habitat yang miskin hara bromeliad berbentuk tangki penampilannya paling vigor, subur, dan banyak ditemui. Pada lingkungan itu tanaman lain mungkin tak bisa hidup.

Kemampuan bromeliad berbentuk tangki tak hanya terbatas mengumpulkan material organik di dalam tampungan air. Hewan mikron yang hidup tidak hanya berperan sebagai penyedia makanan bagi hewan pemangsanya. Bakteri dan protozoa itu juga berjasa bagi bromeliad sebagai agen pengurai. Sedangkan hewan seperti nyamuk, katak, dan ular jadi penyedia bahan organik dari kotorannya.

Karpet alam

Yang menarik, melimpahnya nutrisi di dalam tangki tak hanya dimanfaatkan bromeliad berbentuk tangki sendirian, tapi juga tanaman lain. Itu yang terjadi di Amerika Selatan. Tanaman karnivora Utricularia humboldtii secara eksklusif tumbuh di tampungan air Brocchinia tatei berbentuk tangki besar. Humboldtii memangsa serangga yang datang.

Karena mampu memperoleh nutrisi tanpa kehadiran tanah, ada beberapa jenis bromeliad berbentuk tangki yang tumbuh secara terestrial. Sebut saja Brocchinia reducta yang tumbuh subur di atas batu tanpa substrat. Reducta tumbuh berkoloni dengan luasan yang lebar sehingga penampilannya bagai karpet alam.

Secara alami sebagian besar daun bromeliad berbentuk tangki berwarna kuning atau hijau. Namun, kini banyak muncul hibrida baru dengan warna menarik, merah, ungu atau berpola. Warna cerah membuat bromeliad berbentuk tangki jadi tanaman cantik untuk dibudidayakan. Apalagi ia mudah tumbuh asal tampungan air selalu terisi.

Ukuran bromeliad berbentuk tangki pun beragam. Mulai dari yang kecil hingga jumbo. Contohnya beberapa jenis dalam genus Brocchinia yang tinggi daunnya hingga 1 m dengan diameter 2 m. Saking besarnya, tangki mirip tempayan. Ada juga tanaman yang tumbuh di atas batang berkayu yang tingginya hingga 1 m. Itulah ‘dunia kecil’ di tengah hutan tropis dan subtropis.***

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img