Monday, August 15, 2022

Ekor Kalajengking Terpedas

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Pemegang rekor terpedas saat iniKita cukup menyantap sebuah trinidad scorpion butch t untuk mendapat pedasnya 15 buah cabai rawit biasa.

Harap mafhum kepedasan trinidad scorpion butcht amat menyengat, tingkat kepedasannya mencapai 1.463.700 skala scoville. Bandingkan dengan cabai rawit biasa yang kepedasannya hanya 50.000-100.000 skala scoville, atau cabai merah 1.000-3.000 skala scoville. Pemegang takhta sebelumnya, infinity, pedasnya hanya 1.067.286 skala scoville. Habanero, cabai pedas lain hanya 100.000-300.000 skala scoville.

Pantas jika si ekor kalajengking itu kini menduduki takhta sebagai cabai terpedas sedunia. “Pedasnya scorpion butch t sebanding dengan sekitar 15 buah cabai rawit,” kata Yoseph Rudy, kolektor cabai asal Surabaya, Jawa Timur. Ketika hendak mengumpulkan biji Capsicum chinense itu, Yoseph yang memiliki 30 jenis cabai itu harus menggunakan sarung tangan karet untuk mengambilnya. “Jika terkena langsung rasanya seperti pakai koyo cabai. Panasnya bisa terasa semalaman,” katanya.

Saat ini terdapat 3 jenis trinidad scorpion, yakni trinidad scorpion, trinidad scorpion morouga blend, dan trinidad scorpion butch t. Huruf t di belakang nama itu singkatan dari Taylor, sang pemulia cabai itu.

Buntut kalajengking

Cabai hibrida dari Australia itu memiliki bentuk buah seperti ekor kalajengking. Rupanya dari situ nama si pedas muncul, di samping karena rasanya yang memang menyengat. Yoseph mendapat benihnya dari seorang kerabat yang juga hobiis cabai. Pria yang sejak 4 tahun lalu gemar mengoleksi aneka cabai itu lalu menanam benihnya dalam pot. Yoseph mula-mula menyemai benih di pot berdiameter 5 cm menggunakan media tanam berupa serbuk sabut kelapa. Bila bibitnya bagus, dalam 4-5 hari muncul tunas. Semaian cabai kemudian dipindah tanam ke pot berdiameter 30 cm saat berdaun 4-5 lembar. Media tanamnya menjadi pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 3 : 1.

Calon pemegang takhta berikutnya, scorpion morougaHabanero, pedasnya 7 kali cabai rawitUntuk mencegah serangan hama, sepekan sekali Yoseph memberi pestisida organik berupa campuran 1 gelas minyak goreng bekas dengan 1 sendok makan sabun cuci tangan. Saat akan digunakan, larutkan 2,5 sendok teh campuran ini dalam segelas air. Saat tanaman berumur 3-4 bulan, mulai belajar berbuah. Dari tanaman setinggi 80 cm, Yoseph bisa menikmati 20 buah berwarna merah berukuran 5 cm.

Di tanah air sudah banyak yang menanam scorpion butcht, salah satu di antaranya adalah Alexander Lukas Sung, hobiis asal Bekasi, Jawa Barat. Di negara asal si pedas itu mulai dibudidayakan sebagai tanaman produksi untuk sambal. Produk sambal yang mulai dipasarkan sejak 2011 itu rasanya sangat unik karena juga mengandung bluberri, aprikot, wortel, dan madu di dalamnya.

Nun di Bekasi, Jawa Barat, juga ada kalajengking lain. Alexander Lukas Sung mengoleksi trinidad scorpion morouga blend. Bedanya dengan ekor kalajengking sebelumnya adalah kulitnya lebih kasar seperti kulit jeruk. “Bentuknya juga lebih bulat,” kata Lukas. Mestinya scorpion morouga bisa segera menggeser posisi ekor kalajengking sebagai terpedas di dunia. Kadar kepedasan cabai jenis itu mencapai 2.009.231 scoville. Sayang, Guinness World Record belum kunjung mengeluarkan sertifikat resminya.

Lukas membeli bibit scorpion morouga seharga 8 poundsterling atau Rp 118.000 per paket. Artinya harga sebutir biji scorpion morouga Rp 8000. Sayangnya, saat Trubus berkunjung ke kebunnya pada pertengahan Mei 2012, sang calon raja belum berbuah. “Di dunia bibitnya baru dijual awal 2012. Saya dapat benihnya sekitar Maret-April 2012. Jadi saya termasuk cepat mendapatkannya,” kisah Lukas. Tinggi tanaman anggota famili Solanaceae itu kini sudah mencapai 30 cm.

Cabai setan

Buah matang siap diambil bijinyaLukas juga mengoleksi infinity, bhut jolokia, seven pots, habanero, dan peter, sekadar menyebut beberapa di antara 30-an contoh jenis koleksinya. Pengalaman Lukas, infinity gampang mati. Cabai hasil silangan Nick Woods, pekebun di Inggris itu hanya berumur dua kali berbuah. “Setelah berbuah pada musim kedua langsung layu mendadak,” cerita Lukas. Sekalipun sudah dipupuk dengan pupuk kandang dan pupuk lambat urai, cabai itu tetap layu. Infinity hasil silangan antara cabai hibrida dengan jenis hibrida lain. “Mungkin itu, jenis ini jadi tidak tahan lama,” ujar Lukas Sung.

Dr Ir Muhamad Syukur dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, menjelaskan bahwa penyilangan tidak selalu menghasilkan sifat unggul. “Terkadang yang keluar justru sifat yang kurang unggul,” jelasnya.

Jenis cabai lainnya yang dimiliki kedua kolektor itu adalah bhut jolokia. Cabai asal India itu dijuluki cabai terpedas pada 2007. Bhut yang berarti setan itu kadar kepedasannya sekitar 1.001.304 scoville. “Jenis itu yang paling banyak diminati karena lebih dahulu terkenal dibanding jenis lainnya,” kata Yoseph Rudy. Dalam satu bulan ia bisa menjual sampai 10 kemasan terdiri atas 10 biji per bulan. Harga sebuah kemasan Rp30.000.

Buah jolokia ada yang putih, merah, dan ungu. Sampai kini, di Indonesia cabai-cabai hot itu baru sekadar tanaman koleksi. Menurut cerita Yoseph Rudy, di mancanegara sendiri banyak beredar produk berbahan dasar bhut jolokia. “Seperti sambal. Yang lebih aneh lagi saya pernah baca di internet ada produk cokelat dari bhut jolokia,” kata Yoseph. (Nabila Chairunnisa/Peliput: Rosy Nur Apriyanti)

 

 

cabai super pedasCabai Superpedas

Kadar pedas cabai diukur dengan Scoville Heat Unit (SHU) atau skala Scoville. Semakin tinggi skala Scoville, berarti semakin tinggi pula kadar capsaicin yang menyebabkan rasa pedas cabai. Hingga saat ini, predikat resmi cabai terpedas masih ada di tangan trinidad scorpion butch t dengan kadar kepedasan 1.463.700 SHU. Sebagai perbandingan, cabai merah di tanahair rata-rata memiliki kadar capsaicin 1.000-3.000. Berikut jajaran cabai-cabai sangat pedas di dunia.

 

 

Keterangan Foto :

  1. Pemegang rekor terpedas saat ini
  2. Calon pemegang takhta berikutnya, scorpion morouga
  3. Habanero, pedasnya 7 kali cabai rawit
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img