Friday, December 2, 2022

Elok Keladi Memikat Hati

Rekomendasi

Jenis lain,keladi berdaun merah kehitaman dan bertotol merah. Ada juga yang berwarna merah dengan tepi hijau, seperti berlipstik. Koleksi terbanyak, jenis-jenis bercorak merah, merah keunguan, dan merah kombinasi hijau.Keladi-keladi itu asal Thailand. ?Tapi yang lokal pun tidak kalah cantik lo,? kata pria yang sebelumnya gemar mengumpulkan jenis-jenis adenium, euphorbia, dan aglaonema itu. Saat angin berembus, daun-daun kerabat aglaonema itu bergoyang memikat hati Asman.

Dari Siam

Nun,di puncak Gunung Bunder, Bogor, yang dingin, seorang hobiis pun kepincut pada caladium. Waktu berkunjung ke sana, Trubus melihat keladi bermotif seperti batik, berwarna merah darah yang langsung memikat mata, merah berbintik putih, putih bertulang merah, putih dengan bercak merah seperti darah, hingga keladi berdaun merah yang berubah menjadi kekuningan saat tua.

Ukuran daun mulai dari mini hingga sebesar kuping gajah. Bentuknya ada yang seperti hati, tepi bergelombang, sampai berbentuk seperti sekop kecil. Ada pula yang membentuk huruf V di dekat pangkal. Keladi-keladi itu diperoleh saat pria yang gemar berpakaian kasual itu berjalan-jalan ke Chatucak di Bangkok. Pasar tanaman hias yang ramai setiap Rabu itu memang tempat favorit para hobiis tanaman hias untuk berbelanja. Dari sana pula, keladi berwarna merah kecokelatan, mengkilap, dengan daun kokoh yang menjadi idaman didapat.

Masih dari Tanah Siam, Gunawan Wijaya di Sentul, Bogor, dan Ino Tomasou, di Jakarta Timur, juga memboyong keladi ke tanahair. Sebut saja hibrida bercorak hijau dengan bagian tengah bersemburat merah muda, keladi mungil berbintik merah muda, atau si merah dengan tulang daun dan tepi hijau.Lantaran banyak jenis, Ino melabeli setiap keladi koleksi supaya mudah membedakan. Penasaran? Berikut keladi-keladi pemikat hati.(Evy Syariefa)

Previous articleSuperred Anda Berdarah Murni?
Next articleBerkat Lumpur
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img