Saturday, August 13, 2022

Elok Rupa Anggrek Anyar

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Dendrobium dian agrihorti. (Dok. Trubus)

Tiga anggrek terbaru: produktif dan seronok.

Trubus — Paduan kelopak bunga hijau kekuningan dan warna bibir bunga ungu violet itu amat seronok. Itulah sosok bunga dendrobium dian agrihorti. Ukuran bunga dian terbilang besar yaitu panjang 4,5—5 cm, lebar 5—7,5 cm. Daya adaptasi di dataran tinggi juga baik. Selain elok, dian juga genjah, berbunga pada umur 1,2 tahun setelah pindah dari kompot alias community pot ke pot individu.

Dian hasil pemuliaan terbaru periset di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Cianjur, Jawa Barat, Ir. Darliah. Pantas pengunjung memborong bibit dian. Menurut petugas Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) Balithi, Yusuf, pada umur 1,2 tahun populasi dian lebih banyak yang berbunga daripada populasi dendrobium varietas lain. “Varietas lain ada 10 pot yang berbunga, dian agrihorti ada 30 pot yang berbunga,” kata Yusuf.

Anggrek dian agrihorti cepat berbunga. (Dok. Trubus)

Banyak kuntum

Pembeli lebih meminati tanaman berbunga. Itulah sebabnya dian salah satu varietas yang banyak terjual di Balithi. Keunggulan lain dendrobium dian memiliki percabangan tangkai 4—6 buah per pot. Setiap tangkai maksimal memiliki 16 kuntum bunga. Dian hasil silangan dendrobium hibrida asal Eindhoven, Belanda, dan Dendrobium antennatum asal Papua. Pemulia mulai menyilangkan induk sejak 2012 dan merilis pada 2017.

Phalaenopsis adelia agrihorti. (Dok. Trubus)

Pemulia merakitnya untuk tanaman hias pot. Periset di Balithi, Dr. Ir. Suskandari Kartikaningrum, M.P, mengatakan, konsumen mencari anggrek pot berumpun banyak. Banyak cabang lazimnya juga banyak kuntum. Suskandari menuturkan, perbandingan porsi ukuran bagian vegetatif—batang dan daun—dan bunga seimbang dan kompak. Susunan bunga di tangkai menghadap ke dua arah, cukup untuk karakter tanaman pot.

Menurut Suskandari salah satu karakter yang membedakan anggrek peruntukan tanaman pot dengan bunga potong yaitu susunan bunga. “Idealnya anggrek untuk tanaman pot lebih diutamakan bunga menghadap ke berbagai arah, tidak hanya dua arah,” kata periset bidang sumber daya genetik Balithi itu. Suskandari menjelaskan, dian sempat menjadi pilihan almarhum Ani Bambang Yudhoyono ketika Balithi mengadakan uji preferensi pada 2014.

Phalaenopsis

Pemulia adelia agrihorti, Dr. Ir. Lia Sanjaya, M.S. (Dok. Trubus)

Selain dendrobium, para periset Balithi juga membidani kelahiran anggrek phalaenopsis, yakni adelia agrihorti. Adelia tipe phalaenopsis standar—diameter bunga minimal 8 cm dan biasanya keturunan Phalaenopsis amabilis. Pemulia adelia adalah Dr. Ir. Lia Sanjaya, M.S. Balithi merilis adelia agrihorti pada 2017. Sosok adelia khas, bunga putih, kecil, dan jumlah bunga lebih dari 12 kuntum per tangkai.

Adelia adalah phalaenopsis tipe multiflora atau bertangkai bunga bercabang, hingga 6—10 tangkai per tanaman. Susunan bunga anggrek berbentuk bulat, berwarna putih bersih tanpa corak, berlidah kuning itu juga teratur. Panjang bunga adelia agrihorti 5—6 cm, dan lebar juga 5—6 cm. Karakter-karakter itu warisan tetua adelia, yaitu hibrida timothy christopher dengan anggrek lokal Sukabumi, Phalaenopsis amabilis.

Pemulia ayu pujiastuti agrihorti, Ir. Dedeh Siti Badriah, M.Si. (Dok. Trubus)

Pemulia berharap adelia memiliki fitur unik, tahan lama, bercabang dan berbunga banyak, dan adaptif di lingkungan Indonesia. “Adelia agrihorti bisa berbunga tiga kali dalam satu tahun,” kata Lia Sanjaya. Masa segar bunga adelia sekitar 4 bulan. Lia meneliti adelia agrihorti selama 5 tahun. Menurut Lia pertumbuhan vegetatif phalaenopsis optimal di dataran rendah ketika umur bibit hingga dewasa.

Anggrek baru lain bernama ayu pujiastuti agrihorti, phalaenopsis tipe standar yang memiliki lebih dari 8 kuntum setiap tangkai. Periset ayu pujiastuti agrihorti, Ir. Dedeh Siti Badriah, M.Si, mengatakan anggrek itu memiliki 2 tangkai. Masa segar bunga ayu mencapai 4 bulan. Perakitan ayu pujiastuti sejak 1995 dan Balithi baru merilis pada 2015. Proses penyilangan dilandasi pencarian variasi warna selain warna-warna standar phalaenopsis tipe standar: putih, merah muda, dan ungu.

Phalaenopsis ayu pujiastuti agrihorti. (Dok. Trubus)

“Keunggulan varietas ayu pujiastuti putih dengan garis-garis halus merah muda dengan warna bibir lebih merah. Dari jauh menonjol sekali karena terlihat kontras,” ujar Dedeh. Varietas ayu pujiastuti agrihorti dirancang berukuran bunga besar dan bercabang sehingga perawakan terlihat merumpun. Susunan bunga juga teratur. Varietas itu diutamakan menjadi tanaman hias pot, namun bisa juga dijadikan bunga potong.

“Namun jarang yang menggunakan sebagai bunga potong karena satu tahun maksimal 2 tangkai,” kata Dedeh. Ayu pujiastuti agrihorti keturunan phalaenopsis nv 002 Balithi dengan introduksi hibrida dari Taiwan. Dedeh mengatakan, ayu pujiastuti agrihorti belum banyak beredar di Jawa Barat. Dedeh bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah untuk mengembangkan varietas itu di tingkat petani. (Tamara Yunike)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img