Tuesday, November 29, 2022

Empat Herbal Terlupakan

Rekomendasi

Bambang Ismawan, pendiri dan Pemimpin Umum Trubus, menerima penghargaan dari Ketua Aspetri Yasmin Seisf SH MBAAda nuansa lain jika para pengobat tradisional berkumpul. Obrolan ringan di sela-sela acara pun tak lepas dari urusan herbal untuk kesehatan. Obrolan itu diselingi dengan acara mencicipi lembaran tipis berbentuk bulat berwarna putih kekuningan bersalut gula. Saat dicicipi, aroma tajam jahe dan kencur langsung menerabas hidung. Ya, itulah camilan ala para pengobat tradisional. Rimpang segar jahe dan kencur dicuci bersih, diiris halus, dioven, diberi gula, dan diawetkan dengan daun sirih. Manfaatnya, menjaga stamina tetap kokoh.

Camilan nan unik dan menyehatkan itu tersaji di meja penerima tamu ketika pemimpin Umum majalah Anda, Bambang Ismawan menghadiri acara Musda Aspetri (Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia) DKI Jakarta 2012. Acara yang berlangsung dua minggu sebelum terbitnya edisi Desember ini sekaligus sebagai acara penganugerahan penghargaan kepada pihak-pihak yang dianggap turut memasyarakatkan herbal tradisional Indonesia.

Pembaca yang terhormat, Bambang Ismawan, pendiri dan sekaligus pemimpin Umum majalah Anda, adalah salah satu penerima penghargaan itu. Penghargaan itu kami terima dengan penuh rasa syukur sekaligus prihatin. Bersyukur bahwa banyak yang turut peduli terhadap perkembangan herbal Indonesia. Prihatin lantaran penghargaan itu adalah wujud kepercayaan yang harus kami junjung tinggi selamanya.

Tanpa ada kaitannya dengan penghargaan dari Aspetri, edisi tutup tahun 2012 menampilkan herbal-herbal Indonesia yang terlupakan keberadaannya: kipait Tithonia diversifolia; daun kedondong Spondias dulcis; takokak Solanum torvum; dan beras hitam. Keempat herbal itu terbilang mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari. Namun, khasiatnya yang luar biasa belum banyak diulas. Kipait cocok untuk penderita diabetes, daun kedondong antiplatellet, beras hitam berfungsi memperkuat jantung, sementara takokak ampuh untuk mengatasi mata minus.

Semoga semua informasi itu bermanfaat bagi Anda. Selamat membaca!

 

Salam,

 

Onny Untung

 

Keterangan Foto :

Bambang Ismawan, pendiri dan Pemimpin Umum Trubus, menerima penghargaan dari Ketua Aspetri Yasmin Seisf SH MBA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img