Wednesday, September 28, 2022

Enam Pepaya Eksklusif Pilihan Pasar

Rekomendasi

Trubus.id — Pepaya menjadi salah satu buah populer masyarakat. Selain memiliki cita rasa khas, pepaya kerap dipilih karena ukurannya yang bervariasi. Perihal ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tiap varietas pepaya memiliki karakter, cita rasa khas, dan ukurannya yang berbeda-beda. Berikut ini 6 pepaya premium dan eksklusif pilihan pasar.

Hawai

Pepaya hawai, berukuran lebih kecil dari california. Bobot rata-rata pepaya hawai hanya 400–500 gram per buah. Seperti namanya, pertama kali pepaya hawai dikebunkan di Hawai pada 1919. Pepaya hawai banyak didatangkan ke Indonesia pada era 1990-an. Pepaya hawai bisa dikebunkan di daerah seperti Bogor dan Purbalingga.

Aloha prime

Pepaya eksklusif lain yakni aloha prime. Ukuran pepaya aloha prime sama dengan hawai.  Ukuran buahnya yang tergolong kecil, ideal sebagai buah konsumsi di meja makan. Pepaya aloha prime dapat dikebunkan di daerah seperti Sukabumi, Jawa Barat.

California

Pepaya california berbobot 800–1.500 gram per buah. Bentuk buah silindris dengan daging buah jingga jingga pekat. Pasar menyukai california karena kualitas buah dinilai sesuai dengan kebutuhan. Ukuran buah ideal sebagai buah konsumsi keluarga kecil. Pepaya california berasal dari Malaysia.

Merah delima

Pepaya merah delima adalah pepaya varietas unggul yang dirilis Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) di Solok, Sumatra Barat. Merah delima bercita rasa manis, warna daging buah jingga kemerahan. Ketebalan daging 4 cm. Daging buahnya juga lebih kenyal sehingga lebih tahan simpan.

Jika buah dipanen saat bersemburat kuning, buah tahan simpan hingga 6 hari pada suhu ruang. Kalau di pasar swalayan yang berpendingin bisa tahan sampai 2 pekan.

Merah delima mampu beradaptasi di dataran rendah hingga lahan berketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (m dpl). Karena itu, pepaya ini dapat tumbuh subur di beberapa daerah seperti Bantul, Yogyakarta, Lamunti (Kalimantan Tengah), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Tenggarong (Kalimantan Timur), dan Timika (Papua).

Red lady

Pepaya red lady merupakan pepaya introduksi dari Taiwan. Menurut Hsueh Fang Ching, dari Known You Seeds Distribution Pte Ltd—distributor benih yang merilis red lady—di Singapura, red lady adalah salah satu pepaya populer di Pulau Formosa. Dagingnya tebal, berukuran jumbo, berbobot 1,8–2 kilogram per buah.

Pepaya bangkok

Pepaya bangkok dengan ukuran buahnya yang jumbo mencapai 4 kg per buah banyak diminati hotel. Ukurannya yang besar membuatnya mudah dipotong. Namun, pepaya bangkok kurang ideal jika dikonsumsi di meja makan keluarga kecil karena berpotensi tidak habis dalam sekali waktu.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh terkait tren bisnis pepaya dan jenis pepaya yang sekarang sedang diminati pekebun, serta pengepul dan pasar, baca Majalah Trubus Edisi 634 September 2022.

Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 634 September 2022 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img