Saturday, December 3, 2022

Demi OKU Timur yang Maju dan Mulia

Rekomendasi

Trubus.id — Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU) Timur, Sumatra Selatan, menyimpan potensi pertanian yang mumpuni. Kabupaten seluas 3.370 km² itu memiliki topografi berupa lahan basah dan kering.

Lebih dari 70% penduduk OKU Timur berprofesi sebagai petani, sisanya bekerja di sektor industri, perdagangan, dan jasa. Pemerintah OKU Timur sangat mendukung potensi pertanian sehingga daerah itu dikenal sebagai lumbung pangan nasional.

Wartawan Trubus, Andari Titisari, mewawancarai Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, S.T., yang hendak membawa OKU Timur menjadi kabupaten yang maju dan mulia di bidang pertanian.

Pemerintah OKU Timur juga berperan aktif membantu para pelaku di bidang pertanian dalam uaya meningkatkan produksi hasil pertanian bidang tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

OKU Timur populer sebagai lumbung pangan nasional. Apa komoditas unggulan OKU Timur?

Padi menjadi komoditas unggulan OKU Timur. Kami menjadi salah satu produsen padi terbesar di Indonesia. OKU Timur menduduki peringkat ke-11 sebagai lumbung pangan nasional. Yang menarik, bukan cuma padi, masyarakat juga giat menanam berbagai komoditas pertanian yang menyokong ketahanan pangan seperti cabai, melon, jamur, jambu kristal, dan pepaya.

Apakah produksi padi di OKU Timur sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri?

Produksi padi OKU Timur tentu saja sudah mencukupi kebutuhan, bahkan surplus. Sebagian besar penanaman padi di sawah teknis dengan menerapkan teknik IP300. Pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi padi di sawah yang masih menerapkan IP100 menjadi IP200. OKU Timur memasarkan hasil panen padi ke sejumlah wilayah di luar OKU Timur. Kami bahkan mengirim ke Lampung, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

Apa saja upaya maupun kebijakan pemerintah kabupaten yang ditempuh sehingga OKU Timur produksi padi berlimpah?

Kalau berbicara soal petani yang menjadi permasalahan adalah nilai tukar petani. Kami berharap nilai tukar petani tinggi sehingga mereka mendapatkan keuntungan. Makin tinggi nilai tukar petani maka kesejahteraan petani semakin baik.

Namun, biaya produksi seringkali kurang sinkron dengan harga jual. Oleh karena itu, kami mencari formula supaya petani mendapatkan hasil panen tinggi dengan biaya produksi rendah. Salah satu cara yang ditempuh adalah pembagian pupuk organik cair.

Keberadaan pupuk organik cair dapat mengurangi penggunaan NPK dan Urea. Pemerintah kabupaten selalu berusaha dekat dengan petani. Tujuannya supaya petani memperoleh solusi dalam setiap kendala yang dihadapi serta informasi dan teknologi seputar pertanian cepat diterima oleh petani.

Pemerintah kabupaten terus semangat untuk menggenjot hasil panen di OKU Timur. Kami berupaya meningkatkan panen di lahan-lahan yang sudah berhasil melakukan panen 3 kali dalam setahun. Kami juga memperluas lahan sawah dan mendukung program satu desa satu penyuluh.

Mengapa pemerintah OKU Timur memberikan perhatian pada anak muda yang terjun ke dunia pertanian?

Pemerintah kabupaten merintis dan membuka jalan agar anak-anak muda mau terjun ke dunia pertanian. Lebih banyak petani maka ketahanan pangan semakin tinggi. Pemerintah kabupaten sangat antusias jika anak muda OKU Timur menyukai pertanian sebagai profesi yang keren.

Apa visi dan misi Bapak dalam mengembangkan OKU Timur?

Visi misi saya adalah maju dan mulia. Pemimpin harus berpikir maju. Artinya pemerintah harus mampu membawa rakyat yang dipimpin untuk maju. Selain itu harus selalu diingat bahwa kita berada dalam naungan negara sehingga harus ada sinkronisasi antara pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat.

Dengan begitu, kemajuan yang diinginkan dapat tercapai. Di sisi lain rakyatnya harus berakhlak mulia untuk menciptakan kondisi tertib, tenteram, sejahtera seperti pepatah lama gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img