Saturday, May 18, 2024

Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita), Upaya Mendukung Program Kementerian Pertanian RI Untuk Ketahanan Pangan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Gempita Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatra Barat menggelar Rembug Tani dan Tanam Jagung Bersama di area tanam baru di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat,  pada 11—12 Mei 2024.  Kegiatan serupa kerap digelar oleh Gempita diberbagai daerah di Indonesia. 

Kegiatan itu mendapat dukungan penuh dari Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Safarudin Datuak Bandaro Rajo bersama dengan dinas pertanian terkait. Safarudin optimis para petani akan makmur dan sejahtera.

Ia menuturkan hal itu karena di Kabupaten Lima Puluh Kota tersedia lahan yang memadai yang didukung oleh alat-alat pertanian. Ia menuturkan terpenting menjaga kualitas pertanian di wilayah itu.

Terkait dengan kegiatan tanam jagung bersama, Bupati menuturkan dengan bertambah luas area tanam dapat mendongkrak kebutuhan jagung di Provinsi Sumatara Barat dan harapannya menaikkan kesejahteraan petani.  KUB Gempita Kabupaten Lima Puluh Kota sendiri memiliki luas lahan lebih kurang 100 hektare. Nagari Tarantang terdapat sekitar 19 hektare dan sedang dibuka untuk penanaman baru seluas 7 hektar. 

Selain dihadiri oleh Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Rembug Tani dan Tanam Jagung Bersama juga diikuti oleh Direktur Perencanaan dan Pembiayaan, Kapala Balai Peternakan BPTU HTP, Pusdik BPPSDMP Kementerian Pertanian RI, dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi.

Turut hadir anggota DPRD Kab. Lima Puluh Kota, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota, Koordinator Nasional Gempita, Korwil Gempita Sumatra Barat, para penyuluh pertanian serta para petani muda. 

Penggerak Gempita Sumatra Barat Nurkhalis berharap generasi muda dapat meneruskan pertanian khususnya di Sumatra Barat. “Jangan sampai ada defisit jagung di wilayah Sumatra Barat mengingat mereka mempunyai potensi lebih dan lahan yang cukup luas,” katanya.

 “Para petani yang ada di Nagari Tarantang Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatra Barat adalah pahlawan pertanian tanpa pamrih, saya ucapkan terima kasih kepada penyuluh swadaya, pihak-pihak yang terlibat dalam acara Gempita ini terutama kepada BPSDMP melalui Bapeltan Jambi. Saya berharap BPSDMP juga ikut terlibat memberikan pelatihan kepada para petani di Kabupaten Lima Puluh Kota ini,” tutur Koordinator Nasional Gempita, M.Yasir.

Kepala Balai BPTU HTP Padang Mengatas, Dani Kusworo menghimbau agar seluruh insan pertanian terutama generasi muda milenial agar lebih cermat melirik peluang dan memanfaatkannya menjadi ladang penghasilan. 

“Kementan dalam  hal ini Menteri Pertanian Bapak Andi Amran Sulaiman selalu siap membantu dan memfasilitasi generasi milenial yang ingin sukses di sektor pertanian, juga harus bisa memanfaatkan industri 4.0 untuk kepentingan pertanian Indonesia,” ujar Dani dalam siaran pers.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img