Friday, December 2, 2022

Ginjal dan Stroke

Rekomendasi

Ayah saya berusia 53 tahun. Saat ini mengalami tekanan darah tinggi dan gagal ginjal. Sebelumnya pernah terkena stroke sampai sulit berbicara dan sembuh setelah dirawat di rumah sakit. Setiap habis buang air kecil terasa sakit dan baru hilang setelah cuci darah. Memasuki minggu keempat belum ada tanda-tanda kesembuhan. Mohon bantuan Bapak membuatkan resep untuk memulihkan keadaannya atau merawat ginjalnya.

M. Riza
Jl. Raya Jatisawit No. 598
Bumiayu, Brebes

R. Broto Sudibyo BSc.

Penyakit darah tinggi perlu mendapat perawatan dan pengobatan intensif. Tensi sangat tinggi dapat mengakibatkan stroke, yang ditandai mulut merot, sulit berbicara, tangan dan kaki lumpuh, bahkan kadang sampai tak sadarkan diri. Sebaiknya beliau dimotivasi agar batinnya tenang, tidak emosi, dan tidak stres. Kontrol dokter juga diperlukan untuk mengetahui saat yang tepat untuk cuci darah. Untuk sementara makan makanan lunak, mengurangi garam atau yang berasa asin, menghindari lemak, teh, dan kopi. Berikut ini resep agar ginjal bekerja dengan baik. ***

Resep

Bahan

  • Rambut jagung 1/2 genggam
  • Akar alang-alang 3 jengkal
  • Daun kumis kucing 11 lembar

Cara membuat

Semua bahan dicuci kemudian direbus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan tinggal 11/2 gelas diangkat dan disaring. Diminum 3 kali sehari sesudah makan masing-masing 1/2 gelas. Kalau masih minum obat dari dokter, harus ada selang waktu kurang lebih 11/2 jam untuk menghindari over dosis.

Sariawan Kambuhan

Saya laki-laki berusia 33 tahun. Menderita sariawan sejak 7 tahun lalu. Bila sedang kambuh mulut terasa perih, lidah gatal, gusi berdarah, badan meriang, dan kadang mual. Sekitar 6 bulan yang lalu saya berganti pasta gigi. Hasilnya rasa perih di mulut berkurang, tapi gejala yang lain tetap muncul. Mohon diberikan resep untuk penyakit saya ini.

Priyanto
Bagian M.CDR/Spiwwing/Damatex
Salatiga, Jawa Tengah

R. Broto Sudibyo BSc.

Penyakit sariawan memang sering kambuh. Apalagi kalau pantangan makannya kurang ditaati. Misalnya tidak boleh makan yang terlalu pedas, banyak mengandung lemak, teh yang terlalu kental, kopi, dan kakao. Sebaiknya pikiran harus tenang dan jangan tegang. Kalau di tempat Anda tersedia bahannya, ada baiknya dicoba resep berikut. ***

Resep

Bahan

  • Daun saga manis 10 tangkai
  • Daun jinten 5 lembar
  • Pegagan atau daun kaki kuda 17 lembar
  • Adas manis 1/2 sendok teh
  • Pulosari 1/2 jari tangan
  • Kayu manis 1/2 jari tangan
  • Kayu angin yang sudah dirajang 1 sendok teh

Cara membuat

Bahan-bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air hingga tinggal 2 gelas. Setelah disaring diminum 4 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan. Lakukan secara rutin selama setengah bulan.

Pembengkakan Kelenjar Prostat

Saya berusia 63 tahun, pernah dioperasi jantung by-pass pada 2000. Lebih dari 5 tahun saya kesulitan saat buang air kecil. Keluarnya urine perlahan-lahan dan tersendat-sendat. Hasil diagnosis urolog menunjukkan prostat saya bengkak dan harus dioperasi, tetapi saya takut dioperasi sehingga menolaknya. Selama 3 bulan saya minum ramuan temulawak dan remujung, serta kapsul bebas resep. Hingga kini sudah setahun lebih tidak ada perubahan. Mohon diberi obat tradisional ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit itu.

S. Rachmad
Jl. Opal II Blok K1 No. 1
Permata Hijau, Jakarta 12210

R. Broto Sudibyo BSc.

Jalan pintas untuk mengatasi kelenjar prostat dengan operasi. Melihat usia Bapak, memang agak riskan. Oleh karena itu cobalah resep berikut ini. Untuk menunjang kesembuhan hindari konsumsi berlemak, pedas, ikan air tawar dan air laut, terutama ikan yang bersisik dan banyak duri. Kalau minum teh dan kopi jangan terlalu kental. Usahakan banyak minum air putih. Untuk perawatan, pikiran selalu tenang karena ini juga ada hubungannya dengan operasi jantung by-pass. Saat buang air kecil dan air besar jangan dipaksakan keluarnya atau jangan mengejan terlalu kuat. Ini membuat prostat semakin membesar, karena prostat dan stelsel penis menjadi konstruktif. ***

Resep

Bahan

  • Akar alang-alang 7 jengkal
  • Daun remujung atau kumis kucing 1/2 genggam
  • Meniran beserta akarnya 2 batang
  • Daun sambiloto segar 11 lembar
  • Adas manis 1/2 s e n d o k teh
  • Kulit pulosari 1/4 j a r I tangan

Cara membuat

Semua bahan dicuci, kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih dan tersisa 3 gelas. Angkat, saring, dan minum ramuan itu 3 kali sehari sesudah makan masing-masing 1/2 gelas.

Epilepsi

Keponakan saya berusia 16 tahun. Sejak 6 bulan lalu sering kejang. Namun, kondisi fi sik dan jiwanya normal. Menurut diagnosis dokter baru gejala epilepsi karena mulutnya tidak berbusa. Selain ke dokter, pengobatan alternatif seperti tusuk jarum dan pijat urat sudah dilakukan tetapi tidak ada hasilnya. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Jenis penyakit apakah ini?
  2. Apa penyebab dan gejalanya?
  3. Apa faktor keturunan juga berpengaruh terhadap penyakit ini?
  4. Adakah ramuan untuk menyembuhkannya? Apa pantangannya?
Nur Rokhman, SP
Jl. Thamrin Krembangan I/26 RT 25,
RW 05 Sidokumpul, Sidoarjo, Jawa Timur

R. Broto Sudibyo BSc.

Penyakit epilepsi atau yang sering disebut ayan memang mempunyai gejala demikian, yaitu kejang secara tiba-tiba dan sesaat. Penyakit ini sering kambuh. Ada kalanya mulut tidak berbusa. Untuk perawatan usahakan menghindari kompor/tungku dan jangan biarkan dia pergi mandi sendiri di sungai atau di kolam. Yang paling penting hatinya tidak boleh dibuat tegang atau kecewa. Sebaliknya ia harus dibuat selalu tenang dan senang. Usahakan agar banyak makan sayur terutama kangkung. Kalau membuat sup sebaiknya bumbu dikasih biji pala agak banyak untuk memberi efek menenangkan. Berikut ini adalah resep yang dapat diberikan. ***

Resep

Bahan

  • Daun kaki kuda atau pegagan 1 genggam
  • Meniran berikut akar 3 batang
  • Daun jintan 5 lembar
  • Daun poko 11 lembar
  • Umbi temu hitam 2 j a r I tangan

Cara membuat

Temu hitam dikupas, dicuci, dan diirisiris. Rebus bersama bahan lainnya dengan 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan airnya tinggal 3 gelas kemudian disaring. Obat ini diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan selama satu minggu berturut-turut dalam setiap bulannya.

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img